Beredar Video Puluhan Remaja di SP Padang OKI Terlibat Tawuran

oleh
Tangkapan layar tawuran di SP Padang OKI/handout
banner DPRD OKI

KRSUMSEL.COM, OKI – Video yang menampilkan puluhan remaja tawuran di Desa Terusan Menang Baru, Kecamatan SP Padang, Kabupaten OKI, Sumsel beredar di sejumlah media sosial (medsos).

Salah satunya dibagikan oleh pemilik akun facebook Rezi Merry Yusuf yang merupakan Kepala Desa (Kades) Terusan Menang Baru.

Video yang dibagikan kades satu hari yang lalu langsung menuai respon dan komentar dari Netizen.

Saat dikonfirmasi terkait video yang dibagikan di akun facebook-nya, Kades Terusan Menang Baru Rezi Merry Yusuf membenarkan bahwa tawuran tersebut terjadi di desanya.

“Ya, lokasi tawurannya di Desa Terusan Sungai Menang Baru,” ucapnya singkat saat dihubungi KR Sumsel, Rabu (10/7).

Menurut Linda warga setempat mengatakan, kelompok remaja yang terlibat merupakan warga desa lain yang mendatangi remaja Desa Terusan Menang Baru.

“Tidak tahu warga mana yang datang, ada dari Desa Batu Ampar dan Desa Tanjung Alai datang dan tiba-tiba langsung berkelahi. Kawasan itu memang kadang sepi,” ucap Linda.

Sementara itu, Kapolres OKI AKBP Hendrawan Susanto membenarkan adanya perkelahian antar anak-anak di bawah umur pada Sabtu (6/7/2024) lalu.

“Rata-rata remaja yang terlibat perkelahian berstatus pelajar. Hingga saat ini tidak ada pihak atau warga yang dirugikan membuat laporan kepolisian terkait hal ini,” kata Hendrawan.

Peristiwa perkelahian berkelompok atau tawuran tersebut juga telah ditangani oleh jajaran Polsek SP Padang.

Atas peristiwa tawuran remaja di SP Padang, pihak Polres OKI pun segera mengambil langkah cepat dalam meredam dan mengantisipasi kejadian terulang.

Hendrawan menjelaskan, jajaran Polres OKI yakni Polsek SP Padang telah bertemu dan berkoordinasi dengan beberapa kades yang ada di Kecamatan SP Padang untuk antisipasi agar peristiwa tersebut terulang lagi.

“Kami dari pihak kepolisian menyampaikan arahan kepada Kades untuk sama-sama memberikan pengawasan pada anak-anak dan warganya,” ujarnya.

Hendrawan juga menginstruksikan para kades agar memberikan informasi terkait kejadian perkelahian tersebut pasca kejadian dan untuk menjaga situasi Kamtibmas tetap kondusif.

“Tentu kades yang ada di SP Padang harus memberikan informasi perkembangan atas kejadian itu. Kapolsek SP Padang juga siap menjadi pendamping apabila kedua belah pihak yang bertikai ingin melakukan mediasi damai,” ucapnya.

Lanjutnya, pihak kepolisian Polres OKI mengimbau kepada Kades Batu Ampar dan Sekdes Tanjung Alai untuk mengingatkan warganya untuk tidak melakukan perbuatan melawan hukum seperti halnya tawuran.

“Tentu saya mengingatkan personil Polsek SP Padang untuk gencar melaksanakan giat Patroli KRYD skala prioritas di lokasi kejadian dan sekitarnya agar tidak terulang kembali,” pungkasnya.