Pj Walikota Prabumulih Komitmen Pengentasan Pengangguran dengan Program Pelatihan

oleh
banner DPRD OKI

Prabumulih,KRSUMSEL.COM – Setiap tahunnya lulusan pelajar baik Mahasiswa maupun SLTA kian bertambah. Sementara ketersediaan lapangan kerja bagi kalangan pencari kerja lulusan tersebut jumlahnya berbanding terbalik. Polemik ini merupakan salah satu Pekerjaan Rumah (PR) bagi pemerintah kita baik pusat maupun daerah. Di kota Prabumulih Sumatera Selatan isu pengangguran juga menjadi satu persoalan yang terus diupayakan penanggulangan nya oleh Pemerintah.

Pemerintah Kota Prabumulih sendiri saat ini tengah intens melakukan berbagai program pengendalian angka pengangguran. Diantara program yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kota Prabumulih, seperti dikemukakan oleh Pj. Walikota H. Elman, ST. diantara nya adalah melakukan pembekalan, pelatihan bahkan pengiriman putera Puteri kota Prabumulih ke industri untuk di pekerjakan.

“Alhamdulillah beberapa tahun belakangan ini kita terus berupaya maksimal untuk menekan angka pengangguran, terutama bagi anak-anak kita yang tergolong dari keluarga ekonomi lemah, untuk itu kami telah menjalankan program-program pelatihan keterampilan kerja di Dinas Tenaga Kerja melalui UPTD BLK, kerja sama dengan industri garmen di Jawa untuk penyaluran tenaga kerja, juga pelatihan magang ke Jepang” ungkap Pj. Walikota.

“kita memberikan pelatihan kemampuan tenaga kerja siap pakai juga keterampilan kewirausahaan bagi anak-anak yang berminat, ada kursus las, kursus pengoperasikan komputer, kursus membuat roti, serta menjahit” imbuh H. Elman.

“Pelatihan ini gratis tanpa di pungut biaya…, dan yang kami prioritaskan bagi anak-anak si Kota Prabumulih yang berasal dari kalangan keluarga kurang beruntung secara ekonomi, sehingga dengan dibekali keterampilan diharapkan nantinya mereka akan siap dan memiliki kemampuan kerja maupun kewirausahaan” sambungnya.

“Bahkan bagi yang berminat kerja di industri tekstil kita ada program kemitraan dengan PT. Sansan Saudaratex Jaya Semarang, Jawa Tengah, dan sudah beberapa kali mengirim tenaga kerja anak-anak kita dari Prabumulih” ungkap H Elman.

“Selain itu kita juga senantiasa mendorong pihak-pihak perusahaan migas yang beroperasi di Prabumulih melalui CSR nya untuk melaksanakan kegiatan pelatihan atau pembekalan, dan Alhamdulillah salah satu nya kemarin tepatnya Senin 01 Juli 2024 kita secara seremonial menutup kegiatan Pelatihan Mobile Crane oleh PDC (PDSi Drilling Contractor) bekerja sama dengan Disnaker Prabumulih, yang peserta pelatihan nya anak-anak Prabumulih semua” papar Elman.

“Itulah diantara sejumlah program yang tengah Pemerintah Kota Prabumulih lakukan untuk mengatasi masalah pengangguran, dan kami akan terus mencari solusi yang terbaik untuk anak-anak pencari kerja si Kota Prabumulih,”saya pribadi juga tak mau anak-anak kami hanya jadi penonton saja sementara pekerja si Perusahaan yang ada di Kota ini berasal dari luar daerah, makanya kita terus berupaya berkomunikasi dengan pihak-pihak perusahaan yang beroperasi di Prabumulih untuk masalah ini”urai H. Elman.