Upaya Raih WBBM, Kanim Jambi Studi Tiru Ke Imigrasi Muara Enim

oleh
IMG-20220729-WA0013
banner DPRD OKI

Muara Enim, KRSumsel – Kantor Imigrasi Muara Enim Kemenkumham Sumsel menerima kunjungan Studi Tiru Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jambi dan Kantor Imigrasi Jambi pada Jumat (29/07/2022). Kunjungan ini dihadiri langsung oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jambi, Amrizal dan Kepala Kantor Imigrasi Jambi, Bisri beserta jajaran yang tergabung dalam Tim Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Rombongan disambut langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Muara Enim Kemenkumham Sumsel, Made Nur Hepi Juniartha dan jajaran. Dalam sambutannya, Made Hepi mengucapkan selamat datang kepada rombongan Tim Studi Tiru di Muara Enim dan memaparkan progres pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM yang telah dilakukan oleh Kanim Muara Enim sampai mendapatkan predikat WBBM tahun 2021 lalu.

“Kanim Muara Enim telah berubah banyak sejak tahun 2018 lalu sampai sekarang. Kita memulai dari perbaikan fasilitas pelayanan publik seperti penambahan ruang bermain anak, ruang menyusui, pelayanan disabilitas hingga perbaikan sarana dan prasarana agar pelayanan publik di sini dapat berjalan nyaman.” jelasnya.

Made Hepi menambahkan perbaikan fasilitas pelayanan publik juga diikuti dengan perbaikan kualitas pelayanan dengan cara pengoptimalan SOP, training pegawai, pengawasan internal dan berbagai macam inovasi. Selain itu, dukungan dan peran aktif pegawai juga merupakan unsur penting dalam proses pembangunan Zona Integritas ini.

“Pegawai di Kanim Muara Enim ini tergolong sedikit. Maka dari itu kami mengajak seluruh pegawai baik ASN dan non-ASN untuk terlibat aktif. Semuanya bekerja sesuai dengan kelompok kerja masing-masing, saling membantu dan mengisi agar pelayanan yang diberikan prima dan maksimal.” ungkapnya.

Kegiatan kunjungan dilanjutkan dengan peninjauan ke ruang pelayanan dan fasilitas Kanim Muara Enim seperti jalur dan pintu masuk disabilitas yang terpisah dengan jalur masuk umum, penyediaan ruang merokok dan area “Pance Kite” sebagai tempat istirahat bagi pemohon keimigrasian, hingga peninjauan inovasi IKM Pintar (Indeks Kepuasan Masyarakat, Penilaian, dan Komentar).

“Inovasi IKM Pintar ini adalah salah satu inovasi Kanim Muara Enim di mana pemohon dapat menilai langsung kualitas layanan keimigrasian yang telah diterima. Pemohon pun dapat memilih untuk menilai petugas mana yang telah melayani dengan klik foto petugas dan meninggalkan komentar atau kritik dan sarannya pada aplikasi.” jelas Made Hepi.

Tak hanya IKM Pintar, Made Hepi juga memaparkan mengenai inovasi unggulan Kanim Muara Enim yaitu Layanan 3 in 1 Si Mamat (Imigrasi Manjakan Masyarakat) yang merupakan layanan jemput bola bagi pemohon keimigrasian, bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dan kantor pos setempat. Layanan Si Mamat ini merupakan gabungan dari 3 layanan yaitu PALING JEMPOL (Paspor Keliling Jemput Bola) di mana petugas yang menyambangi pemohon paspor, Immigration Ranger yaitu pengantaran paspor yang telah selesai bekerja sama dengan pihak pos, dan IKM Pintar di mana setelah pemohon mendapatkan layanan keimigrasian mereka bisa langsung memberikan penilaian.

Dalam kesempatan kali ini pun Made Hepi mengungkapkan bahwa pihaknya berharap dapat menimba pengalaman dari Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jambi dan Kanim Jambi. “Kami berharap kunjungan ini tidak hanya satu arah. Baik Imigrasi Muara Enim dan Imigrasi Jambi bisa saling bertukar pengalaman dan pikiran sehingga kita semua dapat menjadi lebih baik lagi” tandasnya.

Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jambi, Amrizal menyampaikan pihaknya mengapresiasi progres Kanim Muara Enim untuk mendapatkan predikat WBK dan WBBM. “Kanim Muara Enim memang pantas dan layak mendapatkan predikat tersebut dikarenakan seluruh komponen baik dari sarana prasarana, kualitas sumber daya, serta inovasi yang dimiliki telah tepat sasaran dan memudahkan masyarakat.”