Jokowi Bedakan Mudik dan Pulang Kampung, Apa Sudah Sesuai KBBI?

oleh -2 views
KRSUMSEL.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan mudik berbeda dengan pulang kampung. Bila kita menengok Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), maka arti mudik adalah pulang kampung.
Kamis (23/4/2020), detikcom membuka KBBI V versi Android, terbitan Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kata ‘mudik’ memiliki dua arti. Berikut adalah arti ‘mudik; dalam KBBI V.
mudik
1.(berlayar, pergi) ke udik (hulu sungai, pedalaman): dari Palembang — sampai ke Sakayu
2. pulang ke kampung halaman
Contoh: seminggu menjelang Lebaran sudah banyak orang yang mudik

Mudik adalah kata kerja. Arti pertama adalah kembali ke udik atau hulu sungai. Barulah pada arti kedua merujuk ke pulang kampung, merupakan kata kerja cakapan atau bukan bahasa baku.
Ternyata, KBBI menyamakan ‘mudik’ dengan ‘pulang kampung’. Bagaimana dengan arti ‘pulang kampung’? KBBI V juga menyamakan ‘pulang kampung’ dengan mudik. Berikut adalah arti ‘pulang kampung’.
pulang kampung
kembali ke kampung halaman; mudik
Contoh: dia pulang kampung setelah tidak lagi bekerja di kota

KBBI V memberi contoh ‘mudik’ dengan kalimat yang memuat aktivitas saat Lebaran atau Idul Fitri, dan memberi contoh ‘pulang kampung’ dengan kalimat yang berkaitan dengan orang pendatang yang tidak lagi bekerja di kota perantauan.
Sebelumnya, Presiden Jokowi juga membedakan antara ‘mudik’ dengan ‘pulang kampung’ dengan mengaitkan antara aktivitas saat suasana Lebaran dengan aktivitas yang dilatarbelakangi ekonomi. Fenomena masyarakat yang terjadi belakangan ini disebutnya bukan ‘mudik’ melainkan ‘pulang kampung’ karena belum Lebaran.
Mudik dan pulang kampung menurut KBBI V. (Tangkapan Layar KBBI V Android)Mudik dan pulang kampung menurut KBBI V. (Tangkapan Layar KBBI V Android)
“Kalau itu bukan mudik, itu namanya pulang kampung. Memang bekerja di Jabodetabek, di sini sudah tidak ada pekerjaan, ya mereka pulang. Karena anak istrinya ada di kampung,” ujar Jokowi dalam wawancara eksklusif di acara Mata Najwa yang disiarkan Trans7, Rabu (22/4) tadi malam.
Menurut Jokowi, pulang kampung berbeda dengan mudik. Jokowi mengatakan mudik dilakukan saat menjelang Hari Raya Idul Fitri.
“Ya kalau mudik itu di hari Lebaran-nya, beda, untuk merayakan Idul Fitri. Kalau yang namanya pulang kampung itu bekerja di Jakarta, tetapi anak-istrinya ada di kampung,” kata Jokowi.
Menurut Anda, apakah penjelasan Jokowi sudah sesuai KBBI?(*)