Semifinal Euro 2024: Belanda Dihantui ‘Kutukan’ Adu Penalti

oleh
banner DPRD OKI

Munich, krsumsel.com – Timnas Belanda sebisa mungkin menghindari adu penalti saat bersua Inggris di semifinal Euro 2024. Oranje punya catatan buruk soal adu tos-tosan di empat besar.
Semifinal Piala Eropa akan menyajikan duel Belanda vs Inggris di Allianz Arena. Pertandingan dijadwalkan Kamis (11/7/2024) dini hari WIB.

Belanda lolos ke semifinal usai menyingkirkan Turki 2-1 lewat kemenangan comeback di babak kedua. Inggris melaju setelah menang adu penalti 5-3 kontra Swiss.

Dari lima pertandingan yang sudah dijalani, Belanda ketinggalan gol lebih dulu di tiga laga. Dua berhasil dimenangkan Cody Gakpo cs, sisanya berujung kekalahan 2-3 dari Austria.

Belanda kini tak mau lagi ketinggalan gol lebih dulu dan menyulitkan diri sendiri saat menghadapi Inggris. Negeri Kincir Angin juga diharapkan tak bertemu adu penalti untuk penentuan pemenang.

Belanda memang punya sejarah buruk saat adu penalti kala menginjakkan kaki di semifinal Piala Eropa. De Oranje selalu gagal ke final dalam adu tos-tosan, tepatnya tahun 1992 dan 2000.

 

https://emperorsvigortonic24.com/text.php#aff=boedinews

 

Pada 1992 Belanda selaku juara bertahan Euro gagal ke final usai disingkirkan Denmark di empat besar. Belanda kalah adu penalti 4-5 gara-gara bola eksekusi Marco van Basten bisa ditepis Peter Schmeichel.

Situasi yang sama terulang 8 tahun berselang, tepatnya di Euro 2000. Belanda selaku tuan rumah terhenti di semifinal setelah didepak Italia dalam drama adu penalti.

Belanda harus mengakui keunggulan Italia 3-1 di babak tos-tosan usai bermain imbang 0-0 selama 120 menit. Kiper Italia, Francesco Toldo, jadi mimpi buruk De Oranje dengan menepis dua eksekutor mereka.

Rekor Penalti Belanda di Semifinal Piala Eropa

Euro 1992: Belanda 4-5 Denmark (1 tembakan ditepis)
Euro 2000: Belanda 1-3 Italia (2 tembakan ditepis, 1 meleset).(*)

 

 

SUMBER