Mabes TNI AU Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Perbatasan Natuna

oleh
banner DPRD OKI

KRSumsel.com – Markas Besar (Markas) TNI Angkatan Udara menggelar pemeriksaan kesehatan dan pemberian kacamata baca gratis kepada masyarakat di perbatasan Indonesia di Kabupaten Natuna Kepulauan Riau (Kepri).

Kasubdis Yankes Dinas Kesehatan Mabes AU Kolonel Kes dr Heru Wishnu di Natuna mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu (10/7) di Pantai Piwang Kecamatan Bunguran Timur itu dalam rangka memperingati hari bakti ke-77 TNI AU.

Baca juga: Indonesia Promosikan Usulan Selat Lombok Sebagai PSSA di Sidang IMO

Ia mengatakan, pihaknya menerjunkan sejumlah dokter spesialis pada kegiatan tersebut, meliputi dokter spesialis anak, dokter spesialis kandungan, dokter spesialis penyakit dalam, dan dokter spesialis gigi. Ia menjelaskan, kunjungan pihaknya ke Natuna dalam rangka menjalankan program Flying Specialist dan Flying Dentist dinasnya.

“Dalam satu tahun kita melakukan enam kali kegiatan flying spesialis dan 13 flying dentist,”ucap dia. Ia mengungkapkan, program tersebut sebenarnya untuk prajurit dan keluarga yang bertugas di wilayah perbatasan atau wilayah yang pelayanan kesehatannya terbatas.

“Kita sudah melakukannya di Merauke, Murotai, Dumatubung. Tujuan program ini guna memberikan kesejahteraan kepada anggota dan keluarganya,”ujar dia. Meski demikian sambung dia, program tersebut juga menyasar masyarakat setempat dengan catatan dalam pelaksanannya dibantu oleh Pangkalan TNI AU di daerah pelaksanaan.

“Ketika kita ke daerah, kita juga akan menawarkan kepada Komandan Lanud apakah bakti sosial juga akan kita gelar ke masyarakat dan untuk jumlahnya kita sesuaikan,”imbuh dia.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara Raden Sadjad (Lanud RSA) Natuna Kolonel Pnb Dedy Iskandar mengatakan TNI AU juga menggelar beberapa kegiatan lainnya, seperti donor darah dan Pasar Minggu Ria.

“Kita menyediakan stan gratis untuk pelaku UMKM setempat menjual produknya pada kegiatan ini,”ucap dia. Ia mengaku takjub dengan antusias masyarakat Natuna yang memeriahkan kegiatan tersebut. Sedikitnya 600 orang telah mendaftarkan diri sebagai calon pasien.(net)