Eiger Rayakan Hari Kartini Bersama 100 Perempuan di Gunung Kembang

oleh
banner DPRD OKI

Krsumsel.com – Eiger Adventure merek penyedia perlengkapan kegiatan luar ruang asal Bandung merayakan Hari Kartini bersama 100 perempuan Indonesia di Gunung Kembang Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah yang bertajuk Eiger Women Adventure Camp (WAC).

Eiger Adventure Service Team Advisor Galih Donikara mengatakan, WAC merupakan kegiatan yang berkesempatan untuk berbagi cerita dan menyamakan sikap kepada para perempuan dalam mendaki.

“Tantangan pendakian gunung bagi perempuan adalah perbedaan kemampuan fisik, keterampilan dan sikap. Dua hari berturut-turut WAC memberikan pembekalan untuk menyamakan fisik dan sikap,”kata Galih dalam keterangan yang diterima di Bandung, Rabu (24/4).

Galih menjelaskan /, pada perayaan Hari Kartini, seluruh peserta berjumlah 100 orang mengibarkan bendera Merah Putih dengan berkebaya di puncak Gunung Kembang yang dinobatkan sebagai gunung terbersih di Indonesia.

Baca juga; Kasat Reskrim Polres Muba Bantah Pembunuhan di Bayung Lencir Dibakar dan Dikubur Hidup-Hidup

“Eiger mencoba untuk membuka ruang, memfasilitasi bagaimana para wanita Indonesia menggali potensinya supaya aman dan nyaman dalam berkegiatan di alam bebas,”kata dia. Galih menambahkan, seluruh peserta Eiger WAC 2024 adalah anak muda usia 18 hingga 25 tahun yang memiliki minat untuk berkegiatan di alam bebas.

“Momentum ini adalah kesempatan emansipasi perempuan Indonesia, mensejajarkan diri dalam berpetualang menyusuri keindahan alam Indonesia,”katanya.

Lebih lanjut Galih mengungkapkan, pendakian Gunung Kembang via Blembem dipilih karena telah menjadi gunung yang diadopsi Eiger Adventure untuk berkolaborasi dengan komunitas dan warga lokal di Desa Damarkasiyan, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo.

pengelola basecamp Gunung Kembang via Blembem Iwan Koncer menjelaskan, Gunung Kembang memiliki julukan sebagai gunung terbersih di Indonesia, kerena menerapkan sistem preventif dengan pendekatan personal. Mengurangi sekecil mungkin sampah para pendaki yang dibawa naik, dan memastikan tidak ada sampah yang ditinggalkan di atas gunung.

“Apa yang dilakukan oleh kawan-kawan pengelola basecamp Gunung Kembang via Blembem adalah menyampaikan pesan tentang menjaga gunung dari sampah,”kata Iwan.

Adapun pendakian telah dimulai sejak Kamis (18/4) hingga puncaknya pada Hari Kartini Minggu (21/4) lalu, Women Adventure Camp 2024 menjadi momen Eiger berbagi cerita tentang pengolahan sampah Gunung Kembang, sekaligus memberikan wawasan serta pengetahuan berkegiatan di alam terbuka.(net)