Angkutan Laut Angkut 768 Pemudik Perdana Lebaran dari Sampit ke Surabaya

oleh
banner DPRD OKI

Krsumsel.com – Memasuki H-11 Lebaran, 768 pemudik bertolak dari Kota Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Kalimantan Tengah menuju Pulau Jawa pada keberangkatan perdana periode Angkutan Laut Lebaran 2024 di Pelabuhan Sampit.

“Keberangkatan KM Kirana III tujuan Sampit-Surabaya mengangkut penumpang 768 orang. Ini merupakan keberangkatan pertama pada periode angkutan lebaran,”kata Ketua Posko Angkutan Lebaran Pelabuhan Sampit Gusti Mukhlis di Sampit, Minggu (31/3).

Periode Angkutan Laut Lebaran 2024 di Pelabuhan Sampit dilaksanakan selama satu bulan, mulai H-15 hingga H+15 atau 26 Maret sampai 26 April 2024. Dengan mengangkat tema tahun ini, Mudik Ceria Penuh Makna.

Jadwal keberangkatan pertama pada periode tersebut diisi oleh Kapal Motor (KM) Kirana III dari PT Dharma Lautan Utama Cabang Sampit. Kapal tersebut tiba di Sampit sehari sebelumnya dengan menurunkan 477 penumpang.

Calon penumpang menunggu di terminal pelabuhan sejak dini hari. Proses embarkasi dimulai pukul 05:00 WIB dan berangkat sekitar pukul 07:00 WIB. Seluruh prosesnya berjalan tertib dengan pengawalan ketat oleh tim gabungan KSOP Kelas III Sampit, PT Pelindo, TNI, Polri, PT Dharma Lautan Utama Cabang Sampit, Pramuka, dan lainnya.

Baca juga: Pengerjaan Jalan Nasional di Jambi Dipercepat Jelang Lebaran

Lonjakan penumpang sudah terlihat pada keberangkatan pertama ini dengan terpenuhinya kapasitas beserta dispensasi penumpang dari KM Kirana III, yakni berjumlah 768 orang. Diperkirakan kondisi yang tak jauh berbeda juga terjadi pada jadwal keberangkatan kapal berikutnya.

“Rencananya besok ada keberangkatan kapal juga dari Sampit menuju Semarang. Untuk jumlah penumpang belum bisa dipastikan, tapi kami berharap adanya dispensasi penumpang bisa dimanfaatkan oleh pemudik hingga kapasitas maksimal,”ucapnya.

Gusti menyampaikan, ada lima kapal disiapkan untuk Angkutan Laut Lebaran 2024, terdiri atas tiga kapal milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) meliputi KM Leuser, KM Lawit dan KM Kelimutu, sedangkan dua lainnya dari PT Dharma Lautan Utama meliput KM Kirana I dan KM Kirana III.(net)