Asisten Shin Tae-yong Ungkap Kriteria Pemain yang Akan Dipanggil Timnas Indonesia

oleh
oleh
Timnas Indonesia
banner DPRD OKI

Krsumsel.com Sejauh ini, sudah ada satu lawan yang dipastikan menghadapi skuad Merah Putih.

Satu-satunya kontestan yang sudah pasti menjadi lawan tanding Timnas Indonesia pada FIFA Matchday Juni 2023 itu ialah Timnas Palestina. Menurut jadwal, laga kedua tim akan berlangsung pada 14 Juni 2023.

Sementara itu, ada satu negara lainnya yang juga akan menjadi lawan skuad Merah Putih. Belakangan ini, rumor yang berkembang mengarah pada Timnas Argentina.

Namun, sejauh ini belum ada pengumuman resmi soal kepastian La Albiceleste sebagai calon lawan Timnas Indonesia.

PSSI masih terus bernegosiasi dengan Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) untuk rencana tersebut.

 
Timnas Indonesia Panggil Pemain Langganan
Asisten yang membantu Shin Tae-yong di staf kepelatihan Timnas Indonesia, Nova Arianto, mengatakan bahwa tim pelatih berencana memanggil nama-nama pemain yang sudah sering memperkuat skuad Garuda.

Sebab, menurut Nova Arianto, para pemain ini sudah memahami filosofi permainan yang dikehendaki oleh Shin Tae-yong. Artinya, mereka tak membutuhkan waktu yang panjang untuk beradaptasi.

“Untuk FIFA Matchday nanti, pastinya Timnas Indonesia akan diperkuat pemain-pemain senior yang sudah pernah dipanggil ya,” kata Nova Arianto saat ditemui di Yogyakarta akhir pekan lalu.

“Karena mereka sudah memahami filosofi Coach Shin Tae-yong. Sehingga, tidak akan terlalu sulit untuk memahami apa yang diinginkan oleh Coach Shin,” imbuhnya.

 
Butuh Upaya Tingkatkan Performa
Selain itu, juru taktik asal Semarang ini menyadari bahwa tim pelatih Timnas Indonesia tentu bakal menghadapi tantangan untuk meningkatkan performa pemain pada pertandingan FIFA Matchday ini.

Pasalnya, jadwal pertandingannya berada di tengah masa libur kompetisi. Tentu, performa para pemain tidak akan semaksimal seperti agenda FIFA Matchday periode Maret lalu ketika menghadapi Burundi.

“Pastinya performanya akan berbeda ya. Karena pada saat ini, para pemain sedang menjalani istirahat setelah semusim berkompetisi,” kata Nova.

“Jadi, kondisinya akan sangat berbeda dibanding saat kami menghadapi FIFA Matchday sebelumnya. Persiapan kita tentu harus lebih maksimal lagi,” imbuhnya.

Venue Belum Dipastikan
Sampai saat ini, belum ada pengumuman resmi dari PSSI soal venue yang akan digunakan Timnas Indonesia untuk menggelar dua pertandingan FIFA Matchday periode Juni 2023 tersebut.

Namun, ada dua kandidat yang belakangan ini disebut-sebut bakal dipilih untuk kandang skuad Garuda, yakni Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, dan Stadion Manahan, Solo.(*)