Nakes di Gorontalo Utara Peringati HUT RI Saat Sibuk Tangani COVID-19

oleh
ilustrasi-hari-kemerdekaan-indonesia-17-agustus-2020
banner DPRD OKI

Gorontalo (ANTARA) – Para tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Kwandang, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dengan meriah saat kesibukan menangani pandemi COVID-19 di daerah itu.

“Padatnya tugas pelayanan yang dilakukan, membuat kami baru dapat merayakan HUT Ke-75 RI saat ini, diikuti 66 orang nakes di Puskemas ini,” ujar Kepala Puskesmas Kwandang, Yuliana Mizar di Gorontalo, Sabtu.

Meskipun dirayakan internal namun kemeriahannya sangat dirasakan.

Puluhan nakes di Puskesmas Kwandang termasuk para dokter, nampak bersemangat dan dipenuhi kegembiraan mengikuti beragam lomba yang digelar dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Meski digelar internal di halaman puskesmas, namun penerapan protokol kesehatan tidak dikesampingkan,” ujarnya.

Ada 8 jenis lomba yang digelar, diantaranya lomba menghias ruangan dan kebersihan, lari kelereng, memasukkan pensil ke botol dan lari karung.

Lomba diikuti para nakes utusan perwakilan dari setiap ruang pelayanan di puskesmas yang terletak di lintas Sulawesi ini

“Alhamdulillah mereka (nakes, red) senang dan penuh bersemangat, masker tetap digunakan dan jaga jarak tetap diterapkan,” ujar Yuliana.

Pihaknya kata dia, telah melakukan tes cepat (rapid test) kepada 66 orang nakes di Puskesmas tersebut.

“Kami bersyukur, hasilnya non reaktif dan tes tersebut akan digelar berkala untuk memastikan seluruh nakes aman dari paparan COVID-19,” ucapnya.

Sementara itu, Noldy, salah satu perawat di Puskesmas Kwandang mengaku senang dapat memeriahkan HUT RI ke-75, meskipun hanya digelar terbatas.

“Kemeriahannya dapat kami rasakan. Ini semakin memperkuat kebersamaan dan kekompakan kami khususnya dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di tengah pandemi COVID-19,” ujarnya.

Selama ini katanya, mereka fokus bergelut dengan pelayanan termasuk turun ke posko satuan tugas di perbatasan.

“Perayaan dan keseruan lomba-lomba yang kami ikuti sangat membantu menghilangkan kepenatan,” ucapnya.  (Anjas)