Warga OKI Kini Bisa Urus Adminduk Cukup dari Desa

oleh -124 pembaca

OKI, KRsumsel.com – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) terus memudahkan layanan kependudukan bagi warganya. Melalui inovasi Pos Pelayanan Administrasi Kependudukan Online dari Desa (Posyandukdes), pencetakkan administrasi kependudukan tidak perlu lagi harus datang ke kantor Disdukcapil di Kota Kayuagung, akan tetapi langsung bisa dicetak di kantor desa atau kelurahan.

 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ogan Komering Ilir Hendri SH MM mengatakan, bahwa pelayanan administrasi kependudukan di desa merupakan upaya pendekatan pelayanan kepada masyarakat.

 

“Posyandukdes menjadi cara Disdukcapil untuk memberikan pelayanan yang lebih mudah, cepat, dan menyenangkan. Hal ini juga sebagai aktualisasi dari Permendagri Nomor 7 Tahun 2019 untuk memberikan layanan adminduk secara online kepada masyarakat,” terang Hendri di Kayuagung, Selasa (16/11).

Hendri menyampaikan dengan kondisi geografis Ogan Komering Ilir yang miliki luas mencapai 19.023,47 Km², dengan masyarakat yang tersebar di pedesaan, bantaran sungai hingga pesisir pantai, tentu inovasi dibutuhkan untuk memberikan layanan yang merata.

 

“Jadi nantinya tuntas di kantor desa, masyarakat tidak perlu lagi ke kantor Dukcapil di Kayuagung. Melalui petugas yang tersebar di 327 desa dan kelurahan, akan membantu warga mengurus administrasi kependudukan seperti akte kelahiran/kematian, kartu keluarga (KK), Surat pindah/datang, update data kependudukan dan lainnya,” terang Hendri.