4 Tips Mengatasi Warna Kulit Tidak Merata

user
adminoke 18 Agustus 2020, 18:45 WIB
untitled

Jakarta Warna kulit tidak merata dapat disamarkan dengan beberapa cara, seperti menggunakan foundation atau concealer yang tepat dan pencahayaan yang bagus. Beberapa teknologi perawatan kulit juga dapat membantu menyamarkan warna kulit tidak merata, seperti laser.

Perawatan kulit yang tidak tepat dapat membuat kondisi warna kulit tidak merata semakin buruk. Dilansir dari elle.com, berikut ini adalah beberapa tips mengatasi warna kulit tidak merata dari dokter kulit.

1. Identifikasi masalah dan memilih krim yang tepat

Tidak semua bintik gelap muncul karena faktor yang sama. Paparan sinar UV bisa memicu pertumbuhan sel kulit berlebih yang disebut solar lentigo alias sun spot, liver spot, atau age spot.

Sel-selnya berpigmen dengan melanin, berkumpul bersama dan membentuk tanda lingkaran beberapa tingkat lebih gelap dari warna kulitmu. Fluktuasi estrogen akibat kehamilan atau pil KB juga apat merangsang sel melanosit untuk bekerja lebih keras dan menciptakan melasma, kumpulan melanin yang tidak diinginkan kulit.

Luka bakar atau bekas jerawat ternyata juga dpaat memicu produksi melanin, meninggalkan tanda membandel yang disebut hiperpigmentasi pasca inflamasi. Pernah mengalaminya?

2. Melindungi kulit

Mengaplikasikan tabir surya untuk mencegah bintik-bintik menjadi lebih gelap dan mencegah munculnya bintik-bintik yang baru. Sedikit saja paparan sinar matahari yang tidak terlindungi dapat memperburuk pigmentasi atau warna kulit tidak merata.

4 Tips Mengatasi Warna Kulit Tidak Merata

4 Tips Mengatasi Warna Kulit Tidak Merata

3. Eksfoliasi

Eksfoliasi dianjurkan rutin dilakukan untuk mengelupas epidermis, menghilangkan sel-sel yang dikemas dengan pigmen superfisial, serta mempercepat efek produk topikal yang kamu gunakan setelahnya. Untuk mendapatkan manfaat dari bahan aktif yang digunakan, kamu membutuhkan paparan jangka panjang, cobalah eksfoliasi glikolat di rumah.

4. Perawatan laser

Gelombang cahaya yang diserap oleh warna cokelat pada kulit saat melakukan perawatan laser tidak akan mempengaruhi kulit di sekitarnya. Laser adalah perawatan yang menargetkan area tertentu saja.

Namun, kamu yang memiliki kondisi kulit melasma sebaiknya menghindari perawatan laser, karena panas dan peradangan dapat memicu produksi pigmen baru. Selamat mencoba!

SUMBER

Kredit

Bagikan