Boleh Dicoba, Begini Cara Menolak Cinta Tanpa Menyakiti

user
adminoke 04 Mei 2022, 10:21 WIB
untitled

Menolak cinta tanpa menyakiti? Bagi sebagian orang, penolakan cinta adalah hal yang sangat menyakitkan. Karena itu, terkadang mereka sungkan untuk menolak lawan jenis saat menyatakan cinta, karena takut menyakiti hati. Padahal ada lho cara menolak cinta tanpa menyakiti .

Menolak cinta bukan perkara mudah. Ada perasaan takut menyakiti, yang akhirnya nanti berujung dengan tidak saling sapa. Lantas bagaimana cara menolak cinta tanpa menyakiti hati sama sekali?

1. Jujur Apa Adanya

Jangan berbohong, jika kamu memang tidak bisa menerima cinta si dia sebaiknya jujur saja. Katakan alasan kenapa kamu menolak cintanya. Ini akan membuat kejelasan dan dia tidak akan lagi berharap lebih. Meski sulit, tapi jujur itu lebih baik daripada membohongi diri sendiri.

2. Fokus Pada Dirimu Sendiri

Ketika menolak cinta sebaiknya kamu fokus dengan dirimu sendiri. Berikan alasan dengan kalimat yang berisi tentang dirimu. Misalnya “aku belum bisa move on dari mantan”, atau “aku masih mau bebas tanpa terikat hubungan”.

Jangan pernah mengatakan tentang si dia, seperti “kamu enggak akan tahan punya pacar seperti aku”. Karena yang tahu dia yang hanya dia.

3. Beri Kepastian Segera

Memberi kepastian soal pernyataan cinta sesegera mungkin juga dapat membuat penolakan cinta tidak menyakitkan. Setidaknya kamu tidak membuat dia berharap terlalu lama. Karena itu akan menambah rasa sakitnya kalau dia tahu kamu menolaknya.

4. Katakan Secara Langsung

Saat menolak cinta si dia, sebaiknya kamu mengatakannya secara langsung kepadanya. Jangan melalui perantara. Karena hal tersebut bisa menimbulkan kesalahpahaman. Lagipula, dengan mengatakannya secara langsung itu artinya kamu menghargai perasaan cintanya meski tidak menerima.

Nah itu tadi cara menolak cinta tanpa menyakiti . Tapi perlu diingat, semua penolakan itu menyakitkan, tapi cara yang sudah disebutkan tadi setidaknya akan mengurangi kadarnya.

sumber

Kredit

Bagikan