Wali Kota: Kasus Baru COVID-19 di Medan Relatif Landai

oleh -86 pembaca

Medan, KRsumsel.com – Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution, menyebutkan, bahwa kasus baru COVID-19 di Kota Medan hingga kini relatif landai, walau sempat terjadi peningkatan drastis usai Lebaran tahun ini.

 

“Alhamdulillah, Kota Medan saat ini di zona oranye. Hal tersebut diperkuat data tingkat keterisian tempat tidur isolasi di rumah sakit sekitar 41,02 persen,” ucap Bobby di Medan, Rabu.

 

Angka 41,02 persen itu, terang Wali Kota, sesuai data terakhir Dinas Kesehatan Kota Medan, terutama bagi pasien COVID-19 pada 41 rumah sakit menyediakan 1.987 tempat tidur, di antaranya 815 unit terpakai.

 

Mantu Presiden Jokowi ini melanjutkan, sedangkan tingkat keterisian tempat tidur di ICU rumah sakit kini mencapai 37,29 persen atau 88 unit terpakai dari total yang tersedia 236 tempat tidur.

 

“Tentu ini, harus kita syukuri. Sebab, jika dibanding Jawa dan Bali yang kini tengah melaksanakan PPKM Darurat, sehingga berakibat kegiatan perekonomian hampir dibatasi,” ujar Bobby.

 

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Syamsul Nasution, mengatakan, total pasien COVID-19 yang mendapatkan perawatan khusus di rumah sakit 903 orang, di antaranya 362 orang merupakan warga luar Kota Medan.

 

“Untuk tingkat kesembuhan di Kota Medan pada Rabu (7/7), tercatat 17.053 orang dari total 18.912 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19. Artinya, persentase tingkat kesembuhan cukup tinggi,” kata dia.(Anjas)