Wali Kota Depok: Perlu Ikhtiar dan Istiqomah Maksimal Tangani COVID-19

oleh -767 pembaca

Depok, KRsumsel.com –  Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengajak warga untuk selalu berikhtiar dan istiqomah secara maksimal dalam menangani COVID-19 yang saat ini telah merayakan hari raya Idul Fitri kedua kalinya di masa pandemi COVID-19.

“Pandemi COVID yang melanda saat ini, bisa jadi adalah peringatan bagi kita, peringatan kelalaian kita dari euforia, euforia keriaan atau kesukariaan yang tidak diridhoi oleh Allah SWT,” kata Mohammad Idris dalam keterangannya, Sabtu.

Menurut Idris umat Muslim untuk memaknai momen Idul Fitri tahun ini dengan semakin mendekatkan diri kepada pertolongan Allah SWT. Terlebih, saat ini pandemi COViD-19 belum usai.

Idris mengatakan Allah SWT secara tegas dan lugas mengatakan pertolongannya sangatlah dekat, karena Allah SWT melihat ikhtiar dan keistiqomahan umatnya.

Sekara​​ng ini, kata Mohammad Idris, umat Muslim di seluruh dunia juga merayakan Hari Raya Idul Fitri kedua kalinya di masa pandemi COVID-19.

“Kita sekarang ber Idul Fitri sudah tahun kedua di masa pandemi COVID-19 dan Allah SWT akan melihat ikhtiar-ikhtiar maksimal kita dan keistiqomahan kita,” jelasnya.

Dikatakannya terdapat empat indikator istiqomah yang dapat diteladani dari sahabat Rasulullah SAW. Pertama, adalah mereka yang mengorientasikan, mengarahkan wajahnya, dan hidupnya kepada Allah SWT.

Kedua, mereka yang mampu mengendalikan diri dari hawa nafsu yang mengganggu dan menjerumuskan. Selama ibadah puasa, imbuhnya, umat Muslim telah melakukan syiam atau menahan diri.

“Disitulah lulusnya seorang yang menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan dan mendapatkan jati dirinya pada saat Idul Fitri,” jelasnya.

Kemudian, ketiga adalah sabar, tegar, teguh terus menghadapi bencana-bencana yang diberikan oleh Allah SWT. Keempat, harus belajar dari peringatan-peringatan Allah SWT.(Anjas)