Wagub Mawardi  Yahya Launching satu juta sambung pucuk kopi bagi Petani Pagaralam

oleh -472 pembaca

PAGARALAM, KRSUMSEL.com- Progaram serta penyerahan bantuan tersebut, secara simbolis dilakukan Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya, di Desa Rempasai Kelurahan Penjalang Kecamatam Dempo Selatan, Pagaralam, Sabtu (4/9/2021).

Dalam arahannya, Mawardi mengatakan, sebagaimana diketahui bahwa sambung pucuk ini adalah upaya untuk meningkatkan perekonomian terkhusus bagi masyarakat Kota Pagaralam. Pasalnya, dengan sambung pucuk secara kualitas dan kuantitas hasilnya akan lebih baik, dan meningkatkan hasil panen.

“Dengan ini pula,Kopi Sumsel yang ada di Kota Pagaralam akan dikenal secara nasional maupun internanasional kedepannya,” paparnya.

Untuk mewujudkan itu, kata Mawardi, Pemerintah dan petani sendiri harus besinergi dan saling bahu membahu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang sesuai dengan potensi yang ada di daerah.

Sementara itu Walikota Pagaralam Alpian Maskoni menambahkan, dengan adanya suport satu juta batang dari bantuan Gubernur ini, secara otomatis sambung pucuk di Kota Pagaralam tahun ini akan bertambah menjadi dua juta batang.

“Dan artinya akan semakin banyak pula petani di Kota Pagaralam yang melakukan sambung pucuk ini,” jelasnya.

Alpian Maskoni mengatakan, dirinya mengucapkan terima kasih atas perhatian Gubernur Sumsel yang juga konsen terhadap kemajuan disektor perkebunan kopi  yang ada di Pagaralam.

“Program ini tak lain adal bertujuan agar mensejahterakan petani melalui peningkatan produktivitas hasil pertanian terkhusus tanaman kopi dengan menggalakan sambung pucuk (stek). Tanaman kopi yang disambung pucuk memiliki keunggulan dalam jumlah hasil panen dibandingkan tanaman kopi yang belum disambung pucuk. Sehingga kopi dapat menjadi pendongkrak ekonomi masyarakat Kota Pagar Alam,” imbuhnya.

 

Sebelumnya, Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kota Pagar Alam Diki Herlambang mengatakan bahwa Penerimanya sebanyak 75 kelompok tani (poktan) dengan jumlah sekitar 1.300 petani tersebar dilima kecamatan yang ada di Kota Pagaralam.

Selain itu Pemerintah Kota Pagaralam Dianugerahi Penghargaan  Museum Rekor Indonesia (MURI).

 

Penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) 1 Juta Batang Sambung Pucuk Kopi tersebut diberikan langsung oleh Customer Relation Manager MURI Indonesia,  Andre Purwandono,  kepada Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya, dan Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni, pada acara Launching Gerakan Sejuta Sambung Pucuk Tanaman Kopi di Kota Pagar Alam, bertempat di Desa Rempasai. ( Adv/ca )