Wabup: Perkembangan Kasus COVID-19 di Kukar Masih Landai Usai Lebaran

oleh -87 pembaca

Samarinda, KRsumsel.com – Wakil Bupati Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur Rendi Solihin menyatakan perkembangan kasus COVID-19 di wilayah setempat masih menunjukkan grafik landai usai libur Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah tahun ini.

“Tentunya kami sangat bersyukur karena trend kasus COVID-19 masih landai usai libur Lebaran, penambahan kasus terkonfirmasi tetap ada namun tidak dalam sekala besar,” kata Rendi Solihin di hubungi dari Samarinda, Selasa.

Data Satgas COVID-19 menyatakan  perkembangan kasus COVID-19 di Kukar sejak 11 Mei terkonfirmasi positif di Kukar sebanyak 2 orang, 12 Mei 19 orang.

Lalu, pada 14 dan 15 Mei angka positif COVID-19 sempat menunjukkan penurunan, yakni tidak ada kasus sama sekali. Namun, pada 16 Mei kembali terkonfirmasi sebanyak 16 orang positif COVID-19.

Ia mengatakan sejumlah tempat wisata yang dikelola swasta dibuka selama lebaran namun tetap ada aturan tegas terkait protokol kesehatan, sehingga kasus penyebaran virus corona bisa sotekan.

“Alhamdulillah sejauh ini belum ada lonjakan signifikan, mudah-mudahan trennya terus menurun,” kata Rendi.

Rendi mengatakan pihaknya terus memantau dan mengawasi perkembangan lonjakan masa di sejumlah kawasan wisata selama libur lebaran.

Jika ada peningkatan jumlah pengunjung, maka pihaknya akan menginstruksikan gugus tugas penanganan COVID-19 berjaga dan mengecek di tempat wisata.

“Karena ini juga menjadi kewaspadaan dan kekhawatiran khusus,” tutur Rendi.

Berdasarkan data Satgas COVID-19 Kutai Kartanegara menyebutkan jumlah keseluruhan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 13.205 kasus, yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 11.772 kasus, meninggal dunia 224 kasus dan masih menjalani perawatan sebanyak 209 kasus.(Anjas)