6 Desa Wisata di Kawasan Yogyakarta untuk Liburan Seru bersama Keluarga

user
krsumsel 25 September 2022, 07:44 WIB
untitled

Krsumsel.com - Menghitung destinasi wisata Yogyakarta pasti tak akan ada habisnya. Daerah Istimewa di Indonesia ini punya banyak daya tarik wisata yang luar biasa, dari wisata alam pantai, budaya, kuliner hingga wisata kekinian yang instagramable, semuanya ada di Yogyakarta. Tidak heran kalau daerah ini memiliki branding kuat dengan sebutan 'Jogja Istimewa'.

Inspirasi destinasi wisata Yogyakarta dan destinasi menarik lain #DiIndonesiaAja bisa kamu temukan dengan mengikuti akun akun Instagram @pesona.indonesia dan TikTok @pesonaindonesia.

Selain mengunjungi destinasi wisata populer Yogyakarta yang kerap ramai didatangi wisatawan, luangkan waktu Anda untuk menghabiskan liburan bersama keluarga ke desa-desa wisata di Yogyakarta. Berbeda dengan obyek wisata lain, di desa wisata para pengunjung akan disuguhi berbagai kekhasan yang dimiliki masing-masing wilayah, tidak sekedar berwisata tetapi juga belajar dan berinteraksi langsung dengan masyarakat di desa wisata yang Anda kunjungi.

Dari sekian banyak desa wisata yang berkembang di Daerah Istimewa Yogyakarta, beberapa desa di daftar ini bisa Anda datangi.

1. Desa Wisata Tembi

desa wisata di yogyakarta
Desa Wisata Tembi. (Shutterstock/Ari Wid)

Desa Wisata Tembi sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin menemukan kenyamanan yang jauh dari hiruk pikuk suasana kota. Sejauh mata memandang, Anda akan disuguhi suasana pedesaan yang masih hijau dan asri. Kegiatan keliling desa bisa Anda lakukan dengan berjalan-jalan kaki, mengendarai sepeda ontel serta menaiki dokar.

Desa wisata ini semakin dikenal di kancah nasional dan internasional setelah mendapatkan penghargaan sebagai Homestay Desa Wisata Terbaik se-ASEAN 2016. Selain alam yang asri dan nyaman, desa ini juga dikenal sebagai 'Rumah Budaya' karena memiliki banyak aktivitas kebudayaan. Seperti kerajinan membatik, melukis, membuat keramik hingga kegiatan wisata gastronomi. Tersedia banyak kuliner tradisional enak seperti sagon, tempe, bancakan, wedang rempah, dan jamu tradisional yang menyehatkan.

desa wisata di yogyakarta
Homestay di Desa Wisata Tembi. (Shutterstock/Ari Wid)

Untuk mempererat keakraban anggota keluarga, Anda bisa menikmati keseruan bermain aktivitas outbond. Seperti menangkap bebek di sawah, bermain gobak sodor, lomba estafet hula hoop, dan masih banyak lagi kegiatan seru lainnya. Sehingga liburan #DiIndonesiaAja dan Yogyakarta menjadi istimewa. Lokasi Desa Wisata Tembi terletak satu arah menuju Parangtritis. Desa ini termasuk bagian Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

 

2. Desa Wisata Pentingsari
desa wisata di yogyakarta
Desa Wisata Pentingsari. (Dok. Kemenparekraf)

Desa Wisata Pentingsari merupakan salah satu desa dengan segudang penghargaan bergengsi. Mulai dari Indonesia Sustainable Tourism Awards (ISTA) 2017 sampai 100 Top destinasi pariwisata berkelanjutan di dunia versi Global Green Destinations Days (GGDD) 2019.

Desa Wisata Pentingsari memiliki berbagai daya tarik wisata. Wisatawan bisa melihat dan belajar tentang alam, lingkungan, pertanian, perkebunan, kewirausahaan, kehidupan sosial budaya, dan beragam seni tradisional. Beberapa pertunjukkan seni yang bisa ditonton adalah tari punokawan, permainan musik tradisional gamelan, seni Wayang Suket, dan seni batik. Pengunjung juga bisa belajar seputar kuliner tempe dan jamur serta produk UMKM berupa kopi.

Ada beberapa program wisata desa, seperti live in, kemah, trekking, atau outbound yang bisa dinikmati. Termasuk menyusuri sungai dengan menaiki Jeep. Anda bisa menginap sehari semalam sampai mengambil paket kegiatan selama 4 hari 3 malam. Tersedia homestay nyaman dan membuat kamu bisa menikmati suasana pedesaan. Desa Wisata Pentingsari, Sleman, terletak berada di lereng Gunung Merapi, berjarak kurang lebih 22,5 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta.

3. Desa Wisata Kali Gajah Wong
desa wisata di yogyakarta
Bendung Lepen (Dok. Instagram/bendhung_lepen)

Desa Wisata Kali Gajah Wong, Kelurahan Giwangan, Kecamatan Umbulharjo memiliki daya tarik yang banyak diminati oleh anak-anak maupun keluarga. Objek wisata terkenalnya adalah Bendung Lepen dan Dermaga Cinta Kali Gajah Wong.

Bendung Lepen merupakan saluran irigasi yang diisi oleh ikan-ikan, di sini anak-anak hingga orang dewasa sekalipun dapat memberi makan ikan secara langsung. Selain itu, banyak kuliner UMKM di sepanjang wilayah Bendung Lepen yang bisa pengunjung pilih.

desa wisata di yogyakarta
Destinasi desa wisata Kali Gajah Wong. (Dok. Kemenparekraf)

Sedangkan di Dermaga Cinta Kali Gajah Wong, pengunjung dapat menaiki kapal dan keliling di sekitar Kali Gajah Wong. Anak-anak dan para muda-mudi paling suka sekali bermain kapal sambil menyusuri sungai Kali Gajah Wong. Dermaga Cinta Kali Gajah Wong juga memiliki tempat nongkrong di sekitar sungai dan kuliner yang bisa dinikmati

HALAMAN

Kredit

Bagikan