6 Masjid yang Populer di Inggris, Sahabat Dream Wajib Kunjungi!

user
adminoke 21 Mei 2022, 09:00 WIB
untitled

Dream - Walau umat Muslim bukan penduduk yang mendominasi di Inggris, tetapi sejarah Islam di negeri Britani Raya ini jadi suatu hal ternama.

Di Inggris sendiri, setidaknya ada 1.500 masjid yang tersebar untuk mengakomodir ibadah sekitar 3,3 juta umat Muslim yang tinggal di sana.

Dari tahun ke tahun, komunitas Muslim di Inggris tumbuh cukup signifikan dengan generasi yang lebih baru termasuk umat Muslim yang mualaf.

Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika jumlah masjid di Inggris terus berlipat ganda. Jadi, buat Sahabat Dream yang ingin menyambangi Negeri Putih dalam waktu dekat, nggak perlu khawatir mencari masjid untuk beribadah.

Halaltrip merangkum beberapa masjid di Inggris yang wajib banget kamu sambangi selama perjalanan menjelajahi Inggris sebagai destinasi liburan.

1. Masjid Madinah di Sheffield, South Yorkshire, Inggris

Menjadi masjid pertama yang didirikan dengan sengaja di Sheffield, Masjid Wolseley Road ini menandai umat Muslim tahun 2000-an dan di Eropa pada abad ke-21.

Dengan arsitektur khasnya yang memadukan berbagai gaya Islam menjadi satu bangunan mistik raksasa.

Masjid ini memiliki dua ruang sholat besar, 19 kamar, perpustakaan, dan pusat harian. Hal itu dapat menampung hingga 2.300 wanita dan pria yang ingin beribadah.

2. Masjid Green Lane & Pusat Komunitas di Birmingham, Inggris

Masjid Green Lane adalah salah satu masjid paling menonjol di Inggris yang menunjukkan bagaimana Islam telah menjadi bagian dari identitas Inggris.

Diubah dari perpustakaan umum pada tahun 70-an, Green Lane adalah landmark budaya Muslim di Inggris.

Saat Ramadan, biasanya masjid ini kerap mengadakan buka puasa bersama baik untuk masyarakat umum. Para turis pun tak sedikit yang mampir ke masjid ini untuk saling berkenalan dan menikmati sajian buka puasa.

3. Masjid Pusat Glasgow di Glasgow, Skotlandia

Menjadi masjid pertama yang sengaja dibangun di Skotlandia, Masjid Pusat Glasgow memiliki tempat khusus dalam daftar ini.

Tertutup dengan taman surgawi, Masjid Pusat menampilkan arsitektur yang khas.

Masjid ini dibangun menggunakan bahan yang sama yang digunakan bangunan Glasgow, dan memiliki kubah tengah yang unik dengan menara terpisah dari bangunan utama.

4. Masjid Didsbury di Manchester, Inggris

Masjid Didsbury awalnya merupakan gereja metodis pada abad ke-18. Pada tahun 1962, tempat itu diubah menjadi masjid yang kita kenal sekarang.

Bagi komunitas Muslim Manchester, Masjid Didsbury sangat dihargai karena menawarkan banyak layanan keagamaan.

Masjid Didsbury adalah pusat budaya penting bagi komunitas Muslim Manchester.

5. Masjid Pusat Birmingham di Birmingham, Inggris

Sebagai salah satu masjid terbesar di Inggris, Masjid Pusat Birmingham merupakan pusat budaya bagi komunitas Muslim setempat.

Masjid ini juga memainkan peran penting sebagai dewan Syariah yang menangani cukup banyak masalah etika Muslim, serta sejumlah besar kasus perceraian.

6. Masjid Baitul Futuh Di Morden London, Inggris

Sebagai masjid terbesar di Inggris, Baitul Futuh memiliki kapasitas 13,000 jamaah.

Jumlah ini masih belum setara dengan masjid terbesar di dunia yang mencapai jutaan, tetapi hal ini masih dinyatakan baik karena berada di negara yang hanya memiliki kurang dari 5% umat Muslim.

Meski demikian, sebagai gedung serba guna yang menjadi wadah bagi umat Islam, Baitul Futuh memberikan sumbangsih yang besar bagi umat Islam secara umum.

Bukan hanya untuk tempat beribadah saja, di sini juga menjadi tempat bagi umat Islam untuk mempelajari budaya Muslim lebih banyak. (Dream)

SUMBER

Kredit

Bagikan