Tenaga Kesehatan Pagaralam Hari ini Diberi Vaksin Dosis III Moderna

oleh -276 pembaca

PAGARALAM, KRSUMSEL.COM- Sebanyak Kurang lebih 800 orang tenaga kesehatan (Nakes) di Kota Pagaralam kembali akan mendapatkan vaksin dosis III (tiga) atau vaksin boster merk Moderna, hal ini sesuai dengan surat edaran Kementerian kesehatan bernomor HK.02.01/I/1919/2021 tentang Vaksinasi Dosis Ketiga bagi Seluruh Tenaga Kesehatan, Asisten Tenaga Kesehatan, dan Tenaga Penunjang yang Bekerja di Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

Pantauan dilapangan, pelaksnaan vaksin dosis III ini dilakukan di poli vaksin Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Besemah Kota Pagaralam yang langsung disaksikan oleh Walikota Alpian Maskoni, serta 14 orang Nakes dilingkungan RSUD Besemah menjadi orang pertama yang mendapatkan vaksin tersebut.

Menurut Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni, mengatakan bahwa hal ini dilakukan bagian dari keseriusan Pemerintah khususnya Pemerintah Kota Pagaralam dalam mengajak masyarakat untuk tidak takut di vaksin.

“Karena dengan vaksin ini akan membentingi diri dari wabah COVID-19,”terang alpian.

Dirinya merasa sedih, bahwa sejak pelaksanaan vaksin dimulai, kesadaran masyarakat Pagaralam untuk di vaksin masih sangat rendah, dan berdasarkan data perhari yang dilaporkam setiap Puskesmas bahwa hanya 2-3 orang saja yang datang untuk melaksanakan vaksin dosis I (pertama) dengan segala macam alasan.

“Padahal, Nakes sendiri sudah berjuang mati-matian bahkan berhadapan langsung dengan orang yang terpapar namun mereka tetap memiliki semangat yang tinggi untuk mengajak masyarakat agar mau di Vaksin,” tuturnya.

Wako menambahkan, padahal meskipun dalam kondisi terbatas saat ini, ketersedian vaksin di Kota Pagaralam masih sangat mencukupi, dan tidak pernah mengalami kekurangan.

“Namun sampai saat ini baru sekitar 10 persen masyarakat umum di Kota Pagaralam yang melakukan vaksin,” sebutnya.

Terlebih lagi, Kata Wako, dengan ditetapkannya Pagaralam sebagai Zona merah serta PPKM Level III, dua hal yang sangat penting untuk membentengi diri adalah dua hal yakni Masker dan Vaksin.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Pagaralam Desi Elviani menambahkan, dengan adanya vaksin dosis III bagi Nakes ini, besar harapan seluruh Nakes di Kota Pagaralam akan terbentengi dan tidak akan ada yang terpapar.

Pasalnya, saat ini Kota Pagaralam mendapatkan vaksin Moderna untuk dosis III ini sebanyak 60 vial, yang satu vialnya digunakan untuk 14 orang.

“Dan yang menerima vaksin hari ini adalah kelompok pertama yang berhadapan langsung dengan pasien,”imbuhnya.

Ditambahkan Dirut RSUD Besemah Kota Pagaralam Ferdinand, dengan sudah di vaksinnya nakes khususnya dilingkungan RSUD Besemah  sedikitnya bisa meyakinkan masyarakat untuk tidak perlu takut berobat ke RSUD Besemah.

“Terlebih dengan ditetapkanya Pagaralam sebagai zona merah penularan COVID-19,”Pungkasnya. ( Ca )