Lapas Banyuasin Selenggarakan Shalat Idul Fitri 1444 H untuk Warga Binaan

oleh
oleh
Lapas Banyuasin Selenggarakan Shalat Idul Fitri 1444 H untuk Warga Binaan
banner DPRD OKI

Krsumsel.comSabtu (22/04/2023), pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah yang berlangsung Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuasin diikuti warga binaan berlangsung khidmat.

Shalat digelar berpusat di Masjid Nurul Hidayah Lapas Kelas IIA Banyuasin. Kegiatan Shalat Id tersebut diikuti sebanyak ratusan warga binaan serta sejumlah pegawai yang bertugas.

Kalimat takbir, tahmid, dan tahlil dilantunkan sembari menunggu pelaksanaan ibadah shalat Id. Adapun khotib yang mengisi kegiatan kali ini yakni Ustad Syarkowi, S.Pd.I yang berasal dari MUI Kabupaten Banyuasin.

Kegiatan diawali dengan laporan dari Kasi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik (Binadik) Ady Kusuma Wardana, ia mengatakan bahwa selama ramadhan telah dilaksanakan beberapa kegiatan di antaranya tadarus Quran yang telah khataman sebanyak 32 kali.

Selain itu juga, Lapas Banyuasin juga membuka stand zakat fitrah untuk warga binaan yang ingin membayar zakat. di hari terakhir bulan ramadhan terkumpul sebanyak 48 orang kepala keluarga dan 25 orang jiwa yang membayar zakat. Kemudian uang kontan diterima sebanyak Rp. 2.395.000, lalu infak sebesar Rp.185.000. Adapun untuk penyaluran zakat tercatat ada sebanyak 105 orang fakir miskin dan 4 orang muallaf.

“Alhamdulillah serangkaian kegiatan selama bulan ramadhan telah terlaksana dengan baik, semoga Allah SWT menerima semua amal ibadah kita selama puasa dan diampuni segala dosa-dosa kita,” ungkapnya.

Selain itu, Kepala Lapas Kelas IIA Banyuasin Kemenkumham Sumsel Ronaldo Devinci Talesa mengatakan, pelaksanaan shalat Idul Fitri ini menjadi salah satu kegiatan rutin setiap tahunnya di gelar di Lapas Banyuasin untuk warga binaan yang beragama Islam.

“Saya selaku kepala Lapas mengucapkan selamat Idul Fitri 1444 Hijriyah, mohon maaf atas segala hilaf dan salah. Semoga kita semua dipertemukan kembali di Idul Fitri selanjutnya dan dapat lebih meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT,” ungkapnya.(Yan)