Deklarasi Gemasulih, Pj Bupati Mengajak Masyarakat Cintai Lingkungan

user
Elisatri Putri 09 Desember 2022, 13:35 WIB
untitled

Krsumsel.com - Deklarasi Dewan Perwakilan Pusat (DPP) Gerakan Masyarakat Suka Lingkungan Hijau (Gemasulih) berjalan dengan sukses. Kegiatan yang dihelat di Hutan Kota Sungai Aur, Kecamatan Muara Enim, pada Jumat (9/12/2022). 

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Muara Enim Kurniawan AP MSi mengajak agar semua elemen masyarakat bergandengan dengan pemerintah tanpa terkecuali untuk terus melestarikan lingkungan. 

"Alam jaga kita, kita jaga alam. Begitulah mekanismenya. Jika kita jaga, maka alam akan menjaga kita," ungkap Kurniawan.

Terkait hal itu, bencana musibah yang disebabkan oleh alam begitu banyak terjadi. Maka dari itulah dengan adanya semua elemen bersama-sama menjaga lingkungan bencana yang disebabkan oleh alam dapat terhindarkan.

Untuk itu, kata Kurniawan, dengan terciptanya ormas lingkungan salah satunya DPP Gemasulih ini, dapat menjadi organisasi yang bisa memupuk kembali dan menggerakan pentingnya menjaga lingkungan hidup disekitar.

"Gerakan itu kita contohkan bisa dengan meningkatkan terus gerakan gotong royong dan kegiatan positif lainya untuk menjaga lingkungan hidup disekitar kita," tegasnya.

Ia juga berharap sekali, pada ormas lingkungan, khsuusnya DPP Gemasulih ini untuk segera membuat program-programnya. Dan, ia selaku Pj Bupati atas nama Pemkab Muara Enim sangat mendukung penuh semua program positif untuk lingkungan dan masyarakat. Begitu juga semua stake holder, BUMN/BUMD dan BUMS dapat bekerja sama mendukung.

"Kegiatan ini jangan cuma sebatas deklarasi, tetapi saya minta lakukan yang terbaik untuk lingkungan. Meski tidak mudah, tapi dengan kerja keras itu akan terwujud," imbuhnya.

Selain itu, Salah satu Pembina DPP Gemasulih Yusrin Densri mengatakan, dengan terbentuknya ormas lingkungan ini, ia meminta pada segenap pengurus dan anggota untuk segera bergerak dan memprogramkan kegiatan dibidang lingkungan.

"Saya selalu mendukung penuh dan juga siap memberikan masukan dan juga nasehat agar DPP Gemasulih eksis dibidang lingkungan terkhusus saat ini di Kabupaten Muara Enim," harapnya.

Ditambahkannya, Ketua DPP Gemasulih Andi Candra SE mengatakan, Gemasulih dilahirkan dan dideklarasikan pada hari ini, dilakukan oleh aktivis dan tokoh masyarakat di Kabupaten Muara Enim ini. 

"Ini adalah wujud dari niat kita untuk melestarikan alam. Kehadiran Gemasulih untuk lingkungan dan berharap dapat bekerjsama dengan pemerintah dan perusahaan serta stake holder yang ada di kabupaten Muara Enim.

Andi juga mengatakan, dengan hadirnya Gemasulih ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan kehidupan bagi alam semesta ini. Lingkungan merupakan hal yang harus diawasi, dijaga dan dikendalikan dari dampak dan eksplorasi pertambangan dan perkebunan serta lainnya. 

"Kami akan berperan aktif didaalam pengendalian dan pelestarian dampak lingkungan dikabupaten Muara Enim dan negara. Kami akan bekerja keras tidak bersuara banyak, tapi kami akan bekerja banyak. Gemasulih untuk kepentingan masyarakat," jelasnya.

Bukan hanya itu, kata dia, dalam giat ini juga yang didukung penuh oleh Pemkab Muara Enim melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Muara Enim juga melakukan penanaman pohon, penyerahan bibit ikan, pembagian tumbler, dan tas belanja ramah lingkungan serta penyerahan piagam penghargaan pada PT PAMA dan PT BA.(ndi)

Kredit

Bagikan