Terobosan Sat Samapta, 'Sabhara Sahabat Kita'

user
Elisatri Putri 28 November 2022, 10:02 WIB
untitled

Krsumsel.com - Untuk menciptakan munculnya generasi muda yang produktif, kreatif dan beretika, yang saling menghargai satu dengan lainnya, bersikap santun , menghormati orang yang lebih tua atau dituakan, dan mencegah adanya kenakalan remaja diwilayah kabupaten Musi Banyuasin.

Sat samapta polres Muba dibawah pimpinan kasat samapta AKP. Ade Nurdin. SH membuat terobosan kreatif yaitu dengan melakukan kegiatan yang sifatnya mendekatkan diri kepada anak muda khususnya kaum pelajar di kabupaten Musi Banyuasin yang kegiatan tersebut diberi nama "Sabhara sahabat kita".

Ade Nurdin menjelaskan bahwa
Sengaja terobosan kreatif tersebut menggunakan kata sahabat dikandung maksud untuk tidak ada jarak lagi antara polri dan kaum terpelajar, tidak menimbulkan kekakuan. Sehingga diharapkan dapat terjalin komunikasi dua arah yang seimbang, dapat saling memberikan masukan atau saran antara satu dengan lainnya, hal ini sangat penting mengingat perkembangan situasi terkini anak-anak muda kita utamanya kaum pelajar yang mudah sekali terpengaruh dengan kegiatan-kegiatan negatif seperti kebut-kebutan, tawuran, pergaulan bebas, mengkonsumsi barang yang memabukkan bahkan tidak menutup kemungkinan terlibat tindak pidana ataupun narkoba, dapat kita bayangkan bagaimana kondisi negara kita kedepan kalau diisi oleh generasi yang sudah rusak.

"Kami dari satuan Samapta Polres Muba ikut ambil bagian untuk mencegah timbulnya kerusakan tersebut. Salah satunya dengan membuat terobosan kreatif Sabhara sahabat kita, " terangnya.

Adapun kegiatan yang dilakukan oleh personil sat samapta untuk mewujudkan keinginan tersebut dengan berusaha semaksimal mungkin dalam setiap kegiatan patrolinya meluangkan waktunya bercengkerama dengan anak-anak pelajar yang dilewati tim patroli disela anak pelajar sedang istirahat jam pelajaran disekolah yang dilewati route patroli, disana para petugas patroli memberikan informasi atau himbauan hal kebaikan terhadap anak-anak tersebut, dan dengan seringnya dijumpai dan bertegur sapa antara polri dengan anak pelajar dengan sendirinya akan muncul keakraban, dan kalau sudah akrab maka akan dengan mudah kita sebagai aparat kepolisian mengarahkan anak-anak pelajar tersebut untuk tidak melakukan perbuatan atau kegiatan yang merugikan orang lain atau dirinya sendiri, tambah Ade.

Kapolres Muba AKBP Siswandi Sik SH MH dalam kesempatan terpisah menjelaskan bahwa kegiatan pendekatan terhadap kaum pelajar yang merupakan generasi penerus ini jangan hanya dilakukan oleh sat samapta polres, tetapi harus diikuti juga oleh personil lainnya utamanya para bhabinkamtibmas Polsek jajaran. Sehingga kondusifitas Kamtibmas dapat terjaga dengan baik.(AS/RIL)

Kredit

Bagikan