Polres Muba Gelar Penandatanganan Pakta Integritas

user
Elisatri Putri 21 November 2022, 16:01 WIB
untitled

Krsumsel.com - Kepolisian Resort Musi Banyuasin menggelar penandatanganan pakta integritas sebagai wujud komitmen Integritas kepada pejabat kepolisian, di halaman Mapolres Muba, Senin (21/11).

Penandatanganan pakta integritas yang digelar usai apel pagi tersebut diikuti oleh Kabag Ops, Kasat Intel, Kasat Reskrim, Kasat Narkoba, Kasat Samapta dan Kasat Lantas Polres muba.

“Penerapan penandatanganan pakta integritas dalam penyelengaraan program kerja Kepolisian Resort Musi Banyuasin merupakan langkah untuk memastikan bahwa aparatur Kepolisian khususnya polres muba sanggup untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya serta peran dan wewenangnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” kata Kapolres Muba AKBP Siswandi di Mapolres Muba.

Ia mengatakan, dokumen tersebut juga merupakan wujud penyelenggaraan pemerintah yang akuntabel, transparan dan bertanggung jawab dalam rangka menciptakan pemerintahan yang baik.

Kapolres menyampaikan, penandatanganan pakta integritas yang meliputi

1. Berperan secara pro aktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi, Kolusi dan Nepotisme serta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela;

2. Tidak meminta atau menerima pemberian secara langsung atau tidak langsung berupa suap, hadiah, bantuan, atau bentuk lainnya yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku

3. Tidak terlibat illegal drilling baik secara langsung maupun tidak langsung;

4. Bersikap transparan, jujur, obyektif dan akuntabel dalam melaksanakan tugas;

5. Menghindari pertentangan kepentingan (conflict of interest) dalam pelaksanaan tugas;

6. Memberi contoh dalam kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dalam melaksanakan tugas, terutama kepada karyawan yang berada di bawah pengawasan saya dan sesama pegawai di lingkungan kerja saya secara konsisten;

7. Akan menyampaikan informasi penyimpangan integritas di Polres Musi Banyuasin Polda Sumsel serta menjaga kerahasiaan saksi atas pelanggaran peraturan yang dilaporkannya;

8. Bila saya melanggar hal-hal tersebut di atas, saya siap menghadapi konskuensinya.

Lanjut Siswandi, penandatanganan pakta integritas bertujuan untuk Komitmen polri khususnya polres Muba untuk tidak terlibat dalam kegiatan ilegal khususnya Ilegal drilling, Selain itu, juga untuk menumbuhkan keterbukaan dan kejujuran serta mempelancar tugas yang berkualitas, efektif dan akuntabel dan termasuk untuk mewujudkan aparatur pemerintah yang bertanggung jawab dan bermanfaat dan konsekuensinya jika ada yang terlibat akan diproses sesuai dengan peran personil dalam giat ilegal tersebut, yang jelas untuk tahap awal akan dilakukan tindakan disiplin.

“Saya mengharapkan seluruh anggota Polres muba dalam memberikan Pelayanan pada Masyarakat mempedomani Standard Operasional Prosedur (SOP) dan Peraturan Perundang Undangan yang berlaku,” ungkap Kapolres.(AS/RIL)

Kredit

Bagikan