Kisah Zein, Peserta Termuda Usia 4 Tahun yang Ikut Wisuda Akbar 10 di Palembang

user
krsumsel 31 Oktober 2022, 10:08 WIB
untitled

Krsumsel.com - Sosok kecil dan lucu dengan gamis putih tampak pas di tubuhnya. Derap langkah kecilnya melangkah beriringan ditemani langkah Ayah dan Ibu.  Zein, peserta termuda Wisuda Akbar-10 yang masih berusia 4 tahun. Telah mengikuti ujian Tasmi’ Juz 30 dan ikut diwisuda bersama 1.250 santri lainnya pada 23 Oktober 2022 lalu.

Berawal dari daya ingatnya yang luar biasa ketika diperdengarkan sesuatu. Dari situ orang tua Zein mulai memperdengarkan Zein dengan ayat-ayat Al-Qur’an. Dalam  4 bulan Zein sudah bisa hafal Juz 30 meskipun lidahnya masih cadel dan di 2 bulan terakhir ini Zein sudah lancar dan jelas berbicara bahkan sudah hafal sampai Surah Al-Jinn. Ketika ujian Tasmi’diselenggarakan, Zein pun dapat melaluinya dengan baik dan lancar.

“Alhamdulillah kami bersyukur, saya yakin diluar sana juga banyak anak-anak seperti Zein. Hanya saja, anak kami ini dia percaya diri tampil di depan umum,” ujar Al-Khozin, ayah Zein.

Ayah Zein sendiri bekerja sebagai PNS di luar Kabupaten yang 3 hari sekali baru bisa pulang. Namun itu tidak menyurutkan perhatiannya pada perkembangan hafalan Zein. “Setiap saya pulang pasti saya cek hafalan Zein,”tambahnya.

Meski senang belajar dan menghafal Al-Qur’an. Zein tetaplah anak kecil yang senang bermain, sama seperti anak-anak lainnya. Namun orang tua Zein berusaha memfasilitasi bakat Zein dengan mendampinginya dan memberikan stimulus yang sesuai dengan kecerdasannya. Zein pun sangat mengidolakan anak-anak penghafal Qur’an seperti Jim, Musa, dan Najah.

“Biasakan anak kita diperdengarkan ayat-ayat Al-Qur’an, insyaAllah mereka akan lebih mudah menghafal ditambah bimbingan kita sebagai orang tuanya,” imbuh Ayah Zein.

Kredit

Bagikan