Transformasi Digital, Kakanwil Luncurkan Layanan PTSP Online

user
Elisatri Putri 22 September 2022, 18:50 WIB
untitled

Krsumsel.com - Inovasi layanan publik senantiasa terus dikembangkan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Suamtera Selatan. Kali ini sebagai wujud implementasi dari Keputusan Menteri Agama (KMA) 788 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) pada Kementerian Agama telah di launching layanan daring (online) Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Dengan demikian sebagian layanan di kanwil kemenag sumsel dapat dilakukan tanpa harus tatap muka.

Launching layanan daring PTSP dilakukan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan Syafitri Irwan disaksikan oleh Ketua Ombudsman Perwakilan Sumatera Selatan M. Adrian Agustiansyah, Kamis (22/09) di aula Balai Diklat Keagamaan (BDK) Kota Palembang.

Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Sumsel H. Abadil dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu wujud implementasi dukungan program prioritas kementerian agama yaitu Transformasi Digital, khususnya dalam peningkatan kualitas layanan publik berbasis digital.

“Untuk mensukseskan salah satu program prioritas menag, transformasi digital, yakni peningkatan kualitas layanan publik berbasis digital,” ujar Abadil.

Hal tersebut disambut baik oleh Kakanwil Kemenag Sumsel Syafitri Irwan. Ia sangat senang terlebih lagi aplikasi tersebut kini telah ada diseluruh satker baik 17 kemenag kabupaten/kota, seluruh madrasah dan seluruh KUA di Sumatera selatan.

“ini sangat luar biasa, ternyata inovasi ini dilakukan tidak hanya di kanwil saja melainkan langsung diikuti oleh seluruh satker kabupaten kota, madrasah bahkan hingga KUA. Setelah kita lakukan uji coba tadi Alhamdulillah semua aplikasi tersebut berjalan dengan baik. Saya sangat mengapresiasi tingkat kepatuhan seluruh satker,” ujar kakanwil berbangga.

Hal senada pula disampaikan oleh Ketua Ombudsman Perwakilan Sumatera selatan. Menurutnya dirinya bersama anggota komisioner lainnya senantiasa mengawasi seluruh instansi layanan publik, dan untuk kemenag sumsel, ia juga mengapresiasi karena selalu berinovasi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya.

Acara tersebut diikuti oleh 17 kepala kemenag kabupaten/kota, 24 Kepala KUA, 17 Kepala MAN, 20 Kepala MTsN, dan 12 Kepala MIN. Turut kepala BDK Kota Palembang H. Saefudin, seluruh Kepala Bidang dan Pembimas di Kanwil Kemenag Sumsel. (****)

Credits

Bagikan