Disperindag OKU Revitalisasi Pasar Rakyat di 3 Kecamatan

oleh
ilustrasi pasar
banner DPRD OKI

Krsumsel.comDinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan merevitalisasi pasar rakyat di 3 kecamatan meliputi Kedaton Peninjauan Raya, Sinar Peninjauan, dan Sosoh Buay Rayap agar memiliki daya saing dengan pasar modern.

“Revitalisasi pasar rakyat dilakukan sejak tahun 2020,”kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) OKU Lukmanul Hakim di Baturaja, Senin (19/9). Dia menjelaskan, revitalisasi pasar rakyat atau pasar kalangan ini dilakukan agar memiliki daya saing dengan pasar modern sehingga dapat menggerakkan perekonomian masyarakat di daerah itu.

Sebab kata dia, pasar rakyat merupakan aspek penting dalam sistem perdagangan nasional guna menggerakkan perekonomian masyarakat hingga pelosok desa. Selain sebagai penggerak perekonomian, lanjutnya, pasar juga merupakan wahana interaksi sosial dan budaya masyarakat di daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu.

“Untuk revitalisasi pasar rakyat di Kecamatan Sosoh Buay Rayap dilakukan tahun ini melalui Dinas PUPR OKU menggunakan dana Bantuan Gubernur (Bangub) Sumsel sebesar Rp4,1 miliar,”jelasnya.

Revitalisasi tersebut dilakukan dengan membangun ulang pasar rakyat agar memiliki daya saing dengan pasar modern guna menggeliatkan perekonomian masyarakat khususnya di Kecamatan Sosoh Buay Rayap yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Pasar yang sebelumnya terkesan kumuh itu dibangun dengan konsep modern yang memiliki daya tampung lebih dari 100 los pedagang. “Melalui upaya revitalisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dan akses yang lebih baik kepada masyarakat konsumen, sekaligus menjadikan pasar rakyat sebagai penggerak perekonomian daerah,”ujar Lukmanul Hakim.(net)