Peringati Harhubnas di Sumsel, Menhub Bahas Realisasi Pelabuhan Tanjung Carat

user
Elisatri Putri 17 September 2022, 21:15 WIB
untitled

Krsumsel.com - Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2022 di Plaza Benteng Kuto Besak (BKB), Sabtu (17/9) pagi menjadi sejarah tersendiri bagi masyarakat Palembang, Sumsel. Karena ini merupakan kali pertama puncak peringatan Harhubnas di gelar di Palembang, Sumsel dan di luar ibu kota negara. 

Menhub RI Budi Karya Sumadi saat menjadi Inspektur Upacara(Irup) mengatakan, puncak peringatan Harhubnas Tahun 2022 sengaja di Palembang, Sumsel berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. 

Hal itu cerminan bahwa pemerintah ingin menunjukkan apa yang disampaikan Presiden bahwa pembangunan ini adalah Sentris Indonesia bukan Jawa Sentris. Sehingga pemerintah berkomitmen membangun seluruh tanah air Indonesia secara merata tidak bertumpu pada daerah tertentu saja. 

Dari sisi transportasi transportasi Kota Palembang sudah sangat terintegrasi dengan dasar utama berupa LRT, bus yang didukung serta feeder angkot. Selain dapat mengurai kemacetan hal itu juga dapat mengurangi polusi udara. 

Dalam kesempatan itu Menhub RI juga memberi sinyal bahwa pembangunan Pelabuhan Baru Palembang Pelabuhan Tanjung Carat yang merupakan salah satu mega proyek di Sumsel akan segera dilaksanakan dengan melibatkan BUMN dan swasta. 

Lebih jauh Ia mengatakan di tengah pemulihan ekonomi pasca Pandemi Covid 19 bangsa masih harus dihadapkan pada perkonomian dunia yang belum sepenuhnya bangkit. Krisis ekonomi dunia membuat inflasi tinggi, namun Menhub mengatakan Indonesia patut bersyukur karena negara yang mampu menghadapi krisis global saat ini. 

catatan Berdasarkan BPS, pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap positif dan hanya sesikit negara yang mampu melakukan hal ini. 

" Alhamdulillah sektor tranaportasi mamou memberikan kontribusi lebih dari 21 persen. Untuk itu saya sangat menyukai semua pemangku kepentingan, mitra dan insan per di Indonesia, di perbatasan desa, kota dan pulau terpencil" ujarnya. 

Lebih jauh dikatakannya untuk mewujudkan keberhasilan itu  tentu dibutuhkan kolaborasi dan sinergi semua pihak. Karena itu di ujung sambutannya Ia mengajak semua masyarakat meningkatkan kolaborasi dan menyatukan visi untuk terus meningkatkan peran Perhubungan sebagai salah satu sektor penopang pertumbuhan perekonomian. 

Pada peringatan Harhubnas itu Ia juga memgingatkan bahwa masih banyak tantangan yang harus dihadapi. Karena masih banyak hal yang perlu diperbaiki untuk memastikan bahwa transportasi dapat terus menjadi sektor yang bisa diandalkan. 

" Tantangan ini tidak bisa diselesaikan tanpa kobaorasi dan sinergi pemangku kepentingan. Makanya mari kita bahu membahu membangkitkan sektor transportasi dengan peran masing-masing," jelasnya.

Sementara itu Gubernur Sumsel H. Herman Deru saat Press statment mengatakan sangat bersyukur dengan kelancaran puncak peringatan Harhubnas 2022 pertama di luar Ibukota yakni di Kota Palembang, Sumsel. 

" Sebagai Gubernur Saya mewakili masyarakat Sumsel menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Menub atas dilaksanakannya acara ini di Palembang. Kami tetap mendoakan agar insan Perhubungan tetap semangat, setia melayani jasa transportasi," jelasnya. 

Di sela statmennya itu Ia juga berharap  dan mendoakan agar keinginan masyarakat Sumsel memiliki Pelabuhan Tanjung Carat segera terkabul. 

" Dan doa kami bersama agar terkabul pembangunan Palembang New Port Tanjung Carat segera dimulai," pungkasnya.

Selain pleton terbaik, dalam kesempatan peringatan Harhubnas itu, Menhub RI didampingi Gubernur Sumsel H. Herman Deru juga memberikan bantuan sosial kepada masyarakat. 

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Sumsel, Hj.RA. Anita Noeringhati, Walikota Palembang H. Harnojoyo dan pejabat tinggi lainnya.,(****)

Credits

Bagikan