Kembangkan Kulinear Daerah, Bank Indonesia Sumsel Adakan Expo Pempek di Bali

user
elisa 31 Juli 2022, 13:23 WIB
untitled

Palembang, KRSumsel.com-Bank Indonesia Sumsel adakan pameran khusus untuk kenalkan wisata kuliner identitas lokal khas Sumatera Selatan yaitu UMKM Pempek dan juga Kopi.

Hal ini disampaikan Erwin Soeriadimadja selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan mengatakan "Kami berharap pameran ini dapat memberikan kesempatan lebih luas kepada para UMKM untuk mengembangkan pasarnya sekaligus bisa memberikan pengalaman untuk expo di luar Palembang. Ini juga sebagai perwujudan langkah kami dalam mendukung program nasional Gernas BBI dan Bangga Wisata di Indonesia." ungkapnya. Minggu (31/07/22)

Dikatakannya, lewat kesempatan ini, kami mengucapkan beribu terima kasih dan apresiasi secara khusus kepada Wakil Gubernur Sumatera Selatan beserta jajaran yang menandakan betapa tingginya dukungan dan perhatian Pemprov Sumsel kepada UMKM Sumsel agar terus berkembang dan maju. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada KPw Bank Indonesia Provinsi Bali, Asosiasi Pusat Perbelanjaan dan HIPMi dan semua Bapak Ibu yang hadir dan panitia yang telah menyiapkan acara ini.

Lebih lanjut dikatakannya, kegiatan ini tentunya merupakan kelanjutan dari pengembangan Pempek dan juga Kopi di Sumatera Selatan, paling tidak ada 3 hal yg dilakukan: (1) Pengembangan kapasitas, peningkatan kualitas produk seiring dengan langkah kami memberikan bantuan mesin pembuatan pempek dan mesin mini retort, agar pempek dapat diproduksi dengan lebih distandarisasi, berkualitas, dan lebih tahan lama. 2) Pengembang pasar termasuk pengembang pasar ekspor. Kami memilih Bali sebagai destinasi pertama karena Provinsi Bali sangat strategis untuk daerah pengembangan pasar wisata kuliner, dan juga kami berharap Pempek bisa semakin dikenal tidak hanya domestik tapi juga dunia sebagai salah satu warisan budaya lokal khas Indonesia masyarakat. Kami juga berharap bisa ada busmatch dan kerjasama lebih lanjut. (3) Dukungan Digitalisasi baik dari akses pasarnya mell e commerce, cara bayarnya yg salah satunya adlh mell penggunaan QR Code Standar Pembayaran Indonesia yaitu QRIS yang menyatukan berbagai aplikasi pembayaran, sehingga pembayaran bisa dilakukan secara cemumuah. Masyarakat yang hadir pada hari ini juga bisa mentransaksikannya melalui expo ini.

"Kolaborasi dan sinergitas adalah kata kunci untuk mendorong UMKM semakin maju. Sebagaimana disampaikan Wakil Gubernur Provinsi Bali kemaren siang bahwa Bali dan Sumsel ternyata memiliki kedekatan secara historis berakar dari sejarah Kerajaan Mulawarman maka kami juga berharap kolaborasi UMKm Sumsel dan Provinsi Bali dalam expo ini bisa terus berlanjut dan bisa diwujudkan dalam kerjasama ekonomi kreatif nantinya. Apa yang kami harapkan kolaborasikan ini kiranya tidak hanya berupa ikhtiar mengembalikan kondisi UMKM sebelum pandemi, tapi juga ikhtiar untuk membentuk umkm yang berdaya tahan dan berdaya saing menjadi kekuatan pendorong ekonomi Sumsel dan Bali agar bisa bersama sama berlari dalam masa pemulihan ekonomi," pungkasnya. (edi)

Credits

Bagikan