Tingkatkan Ketahanan Pangan, Walikota Pagaralam Kembali Salurkan Bantuan Benih Ikan

user
adminoke 24 September 2020, 14:49 WIB
untitled

Pagaralam, KRSUMSEL.com - Demi terus mengenjot Hasil Produksi khususnya di sektor Perikanan, Pemerintah Kota Pagar Alam melalui Dinas Ketahanan Pangan Dan Perikanan (DKPP) Kota Pagar Alam kembali melakukan pemberian bantuan benih ikan serta bantuan Pakan kepada masyarakat,jika sebelumnya bantuan benih ikan ditujukan ke tebat serame (Kolam Bersama) milik masyrakat, maka hari ini, Kamis (24/9/20) bantuan program prioritas pemerintah tersebut diberikan kepada Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) se Kota Pagar Alam.

Tingkatkan Ketahanan Pangan, Walikota Pagaralam Kembali Salurkan Bantuan Benih Ikan

Disampaikan Plt Kepala DKPP Kota Pagar Alam Hj.Zaitun,bahwa bantuan ini adalah bentuk pembinaan pengembangan perikanan budidaya serta meningkatkan produksi ikan di Kota Pagar Alam dengan target sebanyak 45 ribu kilogram benih ikan nila serta 1,875 Kilogram Pakan untuk 72 kelompok Pokdakan binaan.

"Sasaran bantuan ini diberikan kepada tiga Pokdakan yakni Pokdakan Cipta Karya,Pokdakan Sepakat dan Pokdakan Kance Gale"ungkap Zaitun.

Zaitun menambahkan,Selain penyerahan bantuan benih dan pakan ikan,secara simbolis juga memberikan bantuan dari Kementerian dan Kelauatan berupa sarana prasarana perikanan lele sistem bioflok kepada Ponpes Darull Muttaqin sebersar 300 Juta rupiah dan penyerahan secara simbolis sertifikat cara budidaya ikan yang baik kepad dua pokdakan yang dinilai mampu menyajikan budidaya ikan yang benar.

"Dan Pengambilan benih ikan sendiri diambil dari unit usaha rakyat, hal ini merupakan cara meningkatkan perekonomian Masyarakat ditengah situasi pandemi Covid-19,"jelas Zaitun.

Sementara Mison Salah satu perwakilan Pokdakan mengutarakan bahwa bantuan benih serta pakan ikan ini memang sangat membantu kelompok budidaya ikan.

"Dengan harapan yang sama, untuk memenuhi kebutuhan serta konsumsi  masyrakat akan ikan di Pagar Alam akan tercukupi," ujarnya.

Ditambahkan Mison,melalui dinas terkait juga hendaknya mengetahui situasi dan kondisi yang kerap menjadi keluhan kelompok budidaya ikan,salah satunya yakni kesulitan untuk mendapatkan pakan,dan jika harus produksi sendiri akan memakan biaya yang mahal jika harus membeli sendiri.

"Sehingga kami berharap agar pemerintah bisa membantu untuk memberikan alat produksi pakan kepada kami,"tuturnya.

Sementara Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni mengatakan kenapa ikan menjadi program prioritas pemerintah Kota Pagar Alam saat ini, karena ikan salah satu  untuk mecegah stunting terutama untuk meningkatkan ketahanan pangan ditengah Pandemi saat ini.

"Dan yang terpenting adalah untuk mengurangi kebergantungan akan kebutuhan ikan dari daerah-daearah lain,"ucap Wako.

Dan Kata Wako,Khususnya Sumsel,saat ini sangat diuntungkan dengan Menteri Kelauatan Dan Perikanan adalah orang Sumsel,Sehingga akan banyak peluang buat warga Sumsel termasuk Pagar Alam untuk mengembangkan serta meningkatkan produksi ikan.

"Pemerintah melalui BBI, akan terus berupaya agar program  yang diprioritaskan ini  dapat berjalan dan terealisasi,"ujarnya

Dirinya berpesan, agar kelompok yang mendapat bantuan ini bisa lebih maju lagi,dan apapun yang menjadi atensi atau prioritas dari Pokdakan akan diusahakan terpenuhi baik itu melalui Pemerintah Pusat,Provinsi dan Pemerintah kota Pagaralam sendiri," tutup wako. ( Ca )

Kredit

Bagikan