Dinkes OKU Lakukan Pengambilan Sampel Tes PCR Pasien COVID-19

user
elisa 21 Mei 2021, 16:01 WIB
untitled

Baturaja, KRsumsel.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan melakukan pengambilan sampel tes PCR terhadap pasien COVID-19 guna memutus rantai penyebaran virus corona.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu (OKU), Andi Prapto di Baturaja, Jumat menerangkan pengambilan sampel tes PCR COVID-19 dilakukan terhadap warga yang sedang menjalani isolasi mandiri setelah melakukan perjalanan ke luar daerah pascalebaran Idul Fitri 1442 Hijriyah.

"Sampel tes PCR ini diambil dari 18 orang warga di Kecamatan Lubuk Raja," katanya.

Berdasarkan tes antigen yang diambil setelah melakukan perjalanan ke luar daerah, kata dia, belasan orang warga ini dinyatakan positif terpapar COVID-19 sehingga menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Oleh sebab itu, pihaknya bersama jajaran Polres OKU melakukan pengambilan sampel tes PCR terhadap pasien untuk melacak warga yang terkontak erat guna memutus rantai penyebaran virus Corona.

Kapolres OKU, AKBP Arif Hidayat Ritonga menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk upaya kepolisian dan Dinas Kesehatan OKU guna mencegah penyebaran virus Corona khususnya di Kecamatan Lubuk Raja.

Dia juga mengimbau kepada pihak keluarga dan kontak erat dengan pasien untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 5 M agar terhindar dari penyebaran virus Corona.

"Dengan mematuhi 5 M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumuman dan mengurangi mobilitas bepergian mudah-mudahan kita terhindar dari virus Corona," ujar dia.(Anjas)

Kredit

Bagikan