Lapas Banyuasin Jalin kerja sama program IPWL Dengan Dinkes Banyuasin

user
elisa 08 Oktober 2021, 14:01 WIB
untitled

BANYUASIN.KRSumsel.com - Lembaga Pemasayarakatan (Lapas) Lapas Kelas IIA Banyuasin menerima kunjungan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyuasin, Jumat (08/10/2021).

Kunjungan tersebut dalam rangka penandatanganan kerjasama program penyelenggaraan Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL), yakni program pemberantasan dan rehabilitasi pecandu Narkoba untuk warga binaan Lapas Kelas IIA Banyuasin

Penandatanganan Kerja sama ini dihadiri langsung oleh Kepala Lapas Banyuasin Ronaldo Devinci Talesa beserta jajaran, Kepala Dinas Kesehatan Banyuasin Rini Pratiwi beserta jajaran dan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Banyuasin Ari Fauta.

Kepala Lapas Kelas IIA Banyuasin Ronaldo Devinci Talesa mengatakan, saat ini terhitung tanggal 08 Oktober 2021 jumlah seluruh warga binaan di Lapas yakni 1463 orang, dan hampir 49% di antaranya kasus Narkoba. Tentu program ini akan sangat membantu pihak Lapas dalam hal rehabilitasi WBP pecandu Narkoba.

"Pada kerja sama ini, Lapas Banyuasin dan Dinkes Banyuasin sepakat untuk berkolaborasi menyelenggarakan Program IPWL. Lapas Banyuasin selaku pihak pertama menyediakan tempat dan mengikutsertakan pegawai dalan pelaksanaan. Lalu Dinkes, menyiapkan fasilitas pendukung dalam hal skrining, rehabilitasi tahanan dan narapidana pengguna NAPZA, kemudian logistik terutama form pencatatan, rapid test dan obat - obatan selama rehabilitasi," jelasnya.

Lebih lanjut, Ronaldo mengungkapkan ucapan terima kasihnya atas kesediaan Dinkes dalam penyelenggaraan program ini. Ia berharap, kerja sama akan terus terjalin dengan baik untuk mendukung program pembinaan di Lapas Banyuasin

"Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi kepada Dinkes Banyuasin yang sudah datang kemari untuk menjalin kerjasama dengan tujuan melakukan rehabilitasi bagi korban penyalahgunaan NAPZA khususnya untuk warga binaan Lapas Banyuasin," ungkapnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinkes Banyuasin Rini Pratiwi mengungkapkan, semua orang berhak mendapatkan pelayanan kesehatan, tak terkecuali warga binaan di Lapas Banyuasin.

"Melalui kerja sama program IPWL ini, kami berharap dapat memberikan dampak yang baik untuk kita semua, terutama warga binaan di Lapas Banyuasin. Selain itu, saya juga berpesan kepada semua nya untuk tetap menjaga protokol kesehatan agar terhindar dari Virus Covid -19," ungkapnya.(Yan)

Kredit

Bagikan