Bangun Produktivitas WBP, Lapas Banyuasin Ajak Menanam Sayur Mayur

user
elisa 17 Maret 2022, 18:02 WIB
untitled

BANYUASIN.KRSumsel.com - Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Banyuasun lakukan penanaman sayur dengan jenis bibit sayur sawi dan kangkung. Penanaman dilakukan di area lingkungan Lapas di sebelah dapur Lapas Banyuasin. Kamis (17/03/2022)

Di bawah bimbingan seksi Kegiatan Kerja, warga binaan dibimbing untuk berkebun mulak dari penggarapan tanah, menaburkan pupuk hingga penyemaian bibit sayuran.

Di lahan seluas 15 x 20 meter inilah warga binaan belajar dan dilatih bercocok tanam. Dari kebun ini lah sudah kesekian kalinya berhasil memanen hasil sayur mayur yang telah ditanam.

Kepala Lapas Banyuasin Ronaldo Devincu Talesa melalui Kasubsi Sarana Kerja Endang Junaidi mengatakan, setiap Warga Binaan yang dimiliki Lapas Sukamara diwajibkan untuk mengikuti program pembinaan kemandirian dan dituntut untuk selalu aktif mengikuti berbagai macam kegiatan pengembangan diri untuk menambah kemampuan dan bekal yang mereka miliki.

"Berkebun menjadi salah satu program pembinaan di Lapas Banyuasin dan menjadi wadah bagi Warga Binaan untuk belajar tentang tata cara pengolahan lahan, pembibitan hingga penanaman sayur," jelasnya.

Endang menyampaikan bahwa ke depannya akan ada variasi tanaman lain yang akan ditanam menyesuaikan dengan kondisi yang ada di lingkungan Lapas.

"Setelah ini kita berencana menanam buah semangka dan belewa. di Lapas Banyuasin ini juga masih terdapat beberapa lahan yang dapat dimanfaatkan untuk produktivitas warga binaan dibidang perkebinan," ujarnya.(Yan)

Kredit

Bagikan