BPOM Kota Palembang Lakukan Pengujian Sample Produk Pangan Dipasar Bedug Pagaralam

user
elisa 25 April 2022, 20:52 WIB
untitled

PAGARALAM, KRSUMSEL.COM –Tak Temukan Panganan Mengandung Bahan Berbahaya

Petugas Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Palembang lakukan giat rutin, pengawasan terhadap produk panganan, yang dijual para pedagang di Pasar Bedug Kota Pagaralam di kawasan Pasar Terminal Kelurahan Nendagung, Kecamatan Pagaralam Selatan, Senin (25/4).

Satu per satu lapak pedagang di Pasar Bedug, turut disambangi petugas BPOM Kota Palembang, sembari membeli sampel makanan untuk dilakukan pengujian. Tak hanya membeli sample uji, petugas BPOM juga lakukan edukasi dan memberikan famplet, terkait makanan sehat sebagai bahan bacaan bagi pedagang.

“Giat ini ialah Operasi Mobeling Sidak Pasar Bedug, kita datang kesini rutin tiap tahun, kita melihat apakah ada bahan pangan, yang diduga mengandung bahan berbahaya di dalamnya, yang berpotensi seperti di mie dan tahu,” ujar Koordinator Substansi BPOM Kota Palembang Gustini.

Dari 16 sample yang diambil, kata Gustini, kemudian dilakukan pengujian menggunakan perlatan di Mobil Laboratorrium Keliling, berupa tes cepat melalui rapid test, sample bahan pangan yang diambil semua negatif.

“Alhamdulillah, keseluruhan sample yang kita ambil, semua dalam kondisi negatif, karena kita juga telah melakukan pengawasan itu secara rutin, jadi begitu pedagang melihat petugas kita mereka langsung paham, termasuk efek jera bagi pedagang yang sebelumnya berbuat nakal,” imbuhnya.

Gustini berharap, lewat giat yang dilakukan tersebut, masyarakat bisa menjadi konsumen yang cerdas, sehingga masyarakat bisa lebih terlindungi dari bahan berbahaya, yang sering digunakan pada bahan pangan. “Tujuan akhirnya, tak lain untuk meningkatkan kualitas produksi panganan, dan memberikan rasa aman dalam mengkonsumsi bagi masyarakat kota pagaralam, agar tetap sehat dan selalu memelihara kesehatan selama menjalankan ibadah puasa.( Ca )

Kredit

Bagikan