Trafik Layanan Data Telkomsel Tumbuh Hingga 21%

oleh
IMG-20220510-WA0088
banner DPRD OKI

#Sambungkan Senyuman di Momen Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1433H

Palembang, KRSumsel.com-Telkomsel sebagai society enabler konsisten berupaya memaksimalkan pengalaman digital bagi seluruh pelanggan melalui penyediaan jaringan broadband terdepan dengan konektivitas digital yang andal untuk kelancaran berkomunikasi serta kemudahan mengakses produk dan layanan digital terkini dengan mengusung semangat #SambungkanSenyuman untuk kebaikan di sepanjang momen Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 1443 H yang baru saja berlalu. Berkat upaya tersebut, selama momen RAFI tahun ini, mencatat adanya lonjakan trafik layanan data hingga 45.1 Petabyte (PB), atau tumbuh 21 persen dibanding momen yang sama tahun sebelumnya.

Hal ini disampaikan Saki Hamsat Bramono selaku Vice President Corporate Communications Telkomsel mengatakan, “Keluarga besar Telkomsel mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H kepada seluruh umat muslim di Indonesia. Semoga hari perayaan besar ini bisa menjadi momentum bagi kita semua untuk menjadi pribadi yang lebih optimis dan aktif dalam menebar manfaat bagi sesama. Kami juga memaknai perayaan Idul Fitri kali ini sebagai momentum untuk terus membuka lebih banyak peluang lebih luas bagi masyarakat dalam menjaga tali silaturahmi dengan membangun semangat #SambungkanSenyuman untuk kebaikan di setiap aktivitas keseharian, dengan dukungan jaringan broadband berteknologi terdepan yang andal dan prima dari Telkomsel.” bebernya Selasa (10/05/22).

Dikatakannya, dengan semakin tingginya percepatan adopsi gaya hidup digital masyarakat saat ini, terutama sebagai dampak menyesuaikan kebiasaan baru di masa pandemi yang sudah berlangsung selama dua tahun terakhir, Telkomsel mencatatkan adanya lonjakan trafik layanan data pada periode Lebaran tahun ini sebesar 21 persen dibandingkan periode RAFI tahun lalu, atau 9 persen dibanding hari biasa. Di sisi lain, untuk layanan SMS dan panggilan suara (voice) di momen Ramadan dan Idul Fitri 2022 masing-masing mengalami penurunan sebesar 31 persen dibandingkan periode tahun sebelumnya.

Lebih lanjut dikatakannya, lonjakan trafik komunikasi layanan data dan digital selama periode RAFI 2022 tersebut didorong dengan tumbuhnya aktivitas digital pelanggan yang meliputi akses layanan communication (instant messaging dan video conference) yang naik mencapai 21 persen, mobile gaming melonjak hingga 17 persen, streaming video sekira 16 persen, dan akses media sosial yang meningkat mencapai 3 persen, dibandingkan hari biasa. Sedangkan untuk akses layanan e-commerce mengalami penurunan sekira 38 persen, diikuti aktivitas browsing yang juga berkurang 7 persen. Telkomsel juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform favorit seperti WhatsApp (tumbuh 35%), TikTok (meningkat 16%), Instagram (naik 15%), YouTube (melonjak 13%) dan Facebook (naik 1%).