Shin Tae-yong Sesali Kesalahan Operan Bikin Timnas Kalah dari Afghanistan

oleh -178 pembaca

Jakarta, KRSUMSEL.COM – Shin Tae-yong menyesali kesalahan operan membuat Timnas Indonesia kalah dari Afghanistan. Pasukan Garuda takluk 0-1 pada laga uji coba, Selasa (16/11/2021).
Timnas Indonesia sebenarnya cukup mengimbangi Afghanistan. Catatan lapangbola, Asnawi Mangkualam Cs menguasai bola sebesar 55 persen berbanding 45 persen untuk Afghanistan.

Tapi detail kecil menjadi pembeda dalam laga yang digelar di Gloria Sports Arena, Antalya, Turki. Salah satu masalah yang dialami Timnas Indonesia adalah kerap salah mengirim operan.

Masalah itu pula yang menjadi penyebab Timnas Indonesia kebobolan lewat proses serangan balik. Gol Afghanistan yang dicetak Omid Popalzay berawal dari kesalahan Pratama Arhan yang operannya tak akurat.

Sudah rekannya salah passing, lini belakang Timnas Indonesia juga tak siap mengantisipasi serangan balik Afghanistan. Gol Afghanistan lima menit jelang bubaran pun tak bisa dihindari.

“Harus diperbaiki kesalahan dalam melakukan passing. Gol yang terjadi itu bermula dari kesalahan passing yang dilakukan oleh pemain. Kami harus mengurangi kesalahan-kesalahan passing yang seharusnya tidak kita lakukan,” kata Shin Tae-yong seusai laga.

“Taktik tidak berjalan dengan apa yang saya inginkan dan juga ada jetlag juga dari pemain. Kondisi pemain saya lihat juga tidak begitu baik. Hasil yang sangat disayangkan, harusnya bisa meraih kemenangan pada pertandingan kali ini,” ujarnya menyesali.

Bicara peluang, Timnas Indonesia punya beberapa kesempatan. Dari Dedik Setiawan, Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya, hingga Ezra Walian ikut merepotkan barisan pertahanan lawan.

Hanya saja finishing juga menjadi masalah. Dari berbagai peluang, cuma satu peluang saja yang tepat sasaran. Kekurangan-kekurangan ini harus menjadi bahan evaluasi dalam menghadapi laga berikutnya melawan Myanmar pada 25 November.

“Kalau untuk tim, memang semakin baik perkembangannya. Sampai akhir pun pemain mampu melakukan permainan dengan fisik yang bagus,” ucap Shin Tae-yong.

“Saya ingin melihat mereka lebih baik di pertandingan berikutnya. Untuk pertandingan selanjutnya melawan Myanmar harus kita menangkan,” tuturnya.(*)

SUMBER