Sesditjen Binmas Kristen Kemenag akan perhatikan Indonesia timur

oleh -20 views

Ambon, KRsumsel.com – Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Bimbingan Masyarakat (Binmas) Kristen Kementerian Agama (Kemenag) Urbanus Rahangmetan akan berupaya memperhatikan pembinaan dan pembangunan agama di kawasan timur Indonesia.

“Sebagai pembantu Dirjen, kami harus melihat secara keseluruhan, bukan hanya di wilayah timur saja. Tapi memang kita tahu bahwa pembangunan bidang agama di wilayah timur juga tertinggal,” ucapnya di Ambon, Rabu.

Dikatakannya pembangunan keagamaan bukan hanya soal pembangunan fasilitas, tapi juga pembinaan mental masyarakat yang agamis dan bermartabat sebagai bangsa Indonesia.

Umat Kristiani sebagian besar berada di wilayah timur Indonesia, dan toleransi antar umat beragama di sana sangat tinggi. Sikap tersebut harus terus dibina, dijaga dan dipertahankan.

“Kita melihat bahwa orang Kristen banyak di wilayah timur, dan toleransi umat beragamanya juga cukup tinggi,” ucapnya.

Menurut Urbanus, kendati umat Kristiani di wilayah timur banyak, pembangunan keagamaan Kristen di kawasan tersebut masih belum terlalu mendapat perhatian pemerintah, baik pembangunan fisik maupun mental.

Ia mencontohkan, pembangunan dan perbaikan tempat peribadatan seperti gereja, lembaga pendidikan teologi dan lainnya, lebih banyak berasal dari swadaya masyarakat dan jemaat. Karena itu, dirinya akan menaruh perhatian lebih terhadap masalah tersebut.

Saat ini, kata Urbanus lagi, lembaga-lembaga pendidikan agama Kristen, yakni Sekolah Teologia Kristen (SMTK) Negeri setingkat SMA baru tiga di Indonesia, yakni di Manokwari, Kaimana dan Sorong, Papua Barat.

“Untuk tempat peribadatan berada di bawah tanggung jawab Direktorat Urusan agama, tapi terkait dengan masalah anggaran itu tugas kami sebagai Sesditjen, kami akan memperhatikan itu,” ujarnya.

Urbanus Rahangmetan pada Selasa dilantik secara virtual sebagai Sesditjen Binmas Kristen Kemenag oleh Menag Fachrul Razi.

Sebelumnya ia menjabat sebagai Kepala biro (kabiro) administrasi umum, akademik dan kemahasiswaan (AUAK) Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon selama dua tahun empat bulan.

Urbanus menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Program Studi Pendidikan Luar Sekolah di Universitas Pattimura Ambon, dan S2 Jurusan Manajemen Kepemimpinan Kristen di Sekolah Tinggi Teologi (STT) Erikson – Tritt Manokwari, juga pernah menjabat sebagai Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Papua Barat.(anjas)