Rumah Ardono Hangus Dilalap Sijago Merah

oleh -75 pembaca

Muara Enim, KRSumsel – Warga Masyarakat hendaknya dapat waspada terhadap api, apalagi dimusim panas. Bila tidak, kebakaran bisa terjadi. Seperti yang dialami pemilik rumah Ardono (34), Desa Alai, Kecamatan Lembak, Kabupaten Muara Enim, Sumsel.

 

Sekitar pukul 08.00 WIB, pada Minggu (8/8/2021). Api menjalar dengan cepat menghanguskan rumah milik Ardono yang didominasi bahan rumahnya terbuat dari kayu itu.

 

Dalam peristiwa kebakaran pagi jelang siang tersebut, diduga api berasal dari arus pendek listrik yang menyebabkan percikan api menjalar dibagian rumahnya.

 

“Api tiba-tiba terlihat dari rumah dan terus membesar. Dan, kemudian warga berhamburan keluar untuk melakukan pemadaman,” ujar saksi Didi dan Rano Warga Desa Alai ini.

 

Mendapatkan informasi tersebut, Kapolsek Lembak, AKP Sigit Widodo SH bersama para personil langsung ke TKP, guna memberikan pertolongan dan menghubungi pihak pemadam dari PT Seralaya Belide (SRB) yang kemudian api perlahan-lahan bisa dijinakan.

 

“Api berhasil dipadamkan dua jam setelahnya, sekitar pada pukul 10.00 WIB. Beruntung pemilik rumah tidak berada dirumah, karena rumah sudah 3 tahun tidak dihuni namun hanya dibersihakn saja oleh pemilik rumah ,” ujar kapolsek saat di TKP.

 

Dikatakannya, bahwa keadaan aliran listrik masih normal saat rumah tanpa adanya penghuni selama 3 tahun tersebut, diduga kuat peyebab kebakaran dari arus pendek listrik.

 

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Dan, hanya kerugian ditafsir sekitar 150 juta karena didalam rumah masih banyak barang berharga.

 

Kapolsek menghimbau agar warga waspada dan lebih cermat lagi dalam mengurus rumah agar tidak terjadi kebakaran ,” himbau Sigit Widodo.

 

Sementara itu, Kades Alai, Ira Nanang membenarkan kejadian ini, bahwa ada rumah warganya telah mengalami musibah kebakaran dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” terang Ira Nanang Kades Alai.(ndi)