Ratusan Pohon Kurma Tumbuh Subur di Kecamatan Pampangan OKI

oleh -22.264 views
Ahmad Zikli saat di perkebunan Thailand

OKI, KRSUMSEL.com – Pohon kurma diketahui banyak tumbuh di tempat beriklim tropis. Tapi siapa sangka di Indonesia juga banyak pohon kurma yang tumbuh di masjid, bahkan saat ini Kurma sudah dibudidayakan.

 

Bagi kebanyakan orang muslim, buah kurma termasuk salah satu buah istimewa, buah yang terdapat di dalam al qur’an dan merupakan buah kesukaan nabi Muhammad SAW, karena buah kurma juga punya segudang manfaat yang baik untuk kesehatan.

Pohon kurma masuk dalam jenis tanaman yang tumbuh di suhu tropis. Iklim panas membantu pohon kurma tumbuh subur dan berbuah lebat, Akan tetapi sekarang kurma sudah banyak dibudidayakan di daerah tropis yang awalnya di pelopori negeri Thailand, yang sudah banyak berhasil budidaya kurma.

 

Tapi siapa sangka, pohon kurma juga bisa tumbuh di Indonesia. Sudah banyak yang menuai hasil di indonesia, baru baru ini kurma sudah terbukti berbunga di perkebunan kurma AL Dates Palm yang terletak di Desa Keman Kecamatan Pampangan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel.

 

Hal ini menjadikan tolak ukur bahwa di daerah tersebut berpotensi menjadi perkerbunan kurma seperti halnya di Thailand.

Ahmad Li Zikri pemilik kebun menjelaskan dirinya berkebun Kurma sudah kisaran 18 bulan yang lalu, dengan jumlah 600 pohon terinspirasi dari Thailand, untuk itu dirinya optimis kedepan harus bisa seperti Thailand.

 

“Ya, sudah banyak yang mulai berputik, semoga saja nantinya dapat berbuah dengan baik, sehingga dapat diharapkan kedepannya insya Allah di Sumatera Selatan Kabupaten OKI khususnya di di Desa Keman Kecamatan Pampangan bakal adanya penghasil kurma seperti yang ada di Thailand,” harapnya. (mahmud)