Polres Muara Enim Ungkap 26 Kasus, 6 Pelakunya Anak Dibawah Umur

oleh -297 pembaca

MUARA ENIM, KRSumsel – Dalam Operasi Sikat Musi II Tahun 2021, Polres Muara Enim berhasil mengungkap 26 kasus kejahatan yang meresahkan masyarakat seperti Curat, Curas dan Curanmor.

 

“Alhamdulilah, ungkap kasus kita secara keseluruhan sudah melampaui target,” ujar Kapolres Muara Enim diwakili Waka Polres Muara Enim Kompol Indar Marwan SH MSi dalam press releasenya di halaman Kantor Satreskrim Polres Muara Enim, Jumat (24/9).

 

Menurutnya, bahwa selama Operasi Sikat Musi – II Tahun 2021 dilingkungan Polda Sumsel yang dilaksanakan selama 10 hari yakni dari tanggal 13 – 23 September 2021, Polres Muara Enim telah berhasil mengungkap 26 kasus Pencurian dengan Pemberatan (Curat), Pencurian dengan Kekerasan (Curas) dan Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor). Kegiatan ini, untuk Penanggulangan Kejahatan yang meresahkan masyarakat seperti Curat, Curas dan Curanmor. “Target TO kita 3 orang, dan semuanya berhasil kita ungkap,” ujarnya.

 

Adapun 26 kasus yang diungkap tersebut, lanjut Kompol Indar Marwan, terdiri dari 5 Curas, 2 Curanmor, dan 19 Curat, dengan jumlah tersangka adalah 3 orang Target Operasi (TO) dan 24 orang Non TO sehingga total sebanyak 27 orang yakni 21 dewasa dan 6 anak-anak. Adapun ancaman pidana Curas 9 – 20 tahun atau pidana mati, Curanmor 7-9 tahun dan Curat 8 – 9 tahun.

 

Kemudian, sambung Kompol Indar Marwan, untuk motif pelaku karena kebutuhan ekonomi dan narkoba. Sedangkan modus pelaku dengan cara merusak, memotong, memanjat, menggunakan anak kunci palsu (duplikat atau kunci T) dan mengancam dengan senjata api atau pisau. Untuk barang bukti yang diamankan yakni sepeda motor, HP, pisau, amplifier merk Toa, kunci T, mesin air, laptop mesin genset, VCD, pipa besi, mobil, tabung oksigen. Dan untuk lokasi penangkapan di kota Palembang, Ogan Ilir, Prabumulih dan Muara Enim.