PN Jaksel Menjadwalkan Sidang Perdana Praperadilan Yahya Waloni

oleh -603 pembaca

Jakarta, KRsumsel.com – Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin, menjadwalkan sidang pendahuluan permohonan praperadilan yang diajukan oleh Muhammad Yahya Waloni, tersangka kasus dugaan penistaan ​​agama di wilayah hukumnya.

 

Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Haruno mengatakan sidang pertama dengan agenda pemanggilan pihak-pihak yang berperkara, yakni pihak pemohon (Yahya Waloni) dan pihak termohon (Mabes Polri cq Bareskrim Polri).

 

Sidang dijadwalkan pukul 09.00 WIB dipimpin oleh Hakim Tunggal Bapak Anry SH, kata Haruno.

 

Sementara itu, Kuasa Hukum Yahya Waloni, Abd Al Katiri mengatakan dasar hukum pihaknya untuk mengajukan praperadilan, yakni Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 21/PUU-XII/2014, yang pada dasarnya menyatakan bahwa lembaga praperadilan memiliki kewenangan. memeriksa sah atau tidaknya penetapan tersangka sebagai pintu masuk, pemaksaan dan upaya lain seperti penangkapan, penahanan, dan penyitaan.

 

Menurut dia, Yahya Waloni dicurigai dan ditangkap tanpa ada pemanggilan dan pemeriksaan sebelumnya sebagaimana diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) dan Peraturan Kepala Kepolisian (Perkap) Nomor 6 Tahun 2019 tentang Reserse Kriminal.