Plt Bupati Muba Hadiri Peringatan HSN di Tungkal Jaya

oleh -308 pembaca

MUBA, KRSUMSEL.com – Perhatian Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin terhadap Pondok Pesantren (ponpes) dan santri di Muba masuk salah satu program visi misi Muba Maju Berjaya di Tahun 2022.

 

Bahkan, sejak tahun 2018 Pemkab Muba telah mendirikan ponpes gratis yakni Ponpes Salamun Aitam  khusus santri yatim piatu dan dhuafa. Para santri yang menempuh studi di ponpes tak serupiah pun dipungut biaya. Semua digratiskan, mulai biaya sekolah hingga urusan mondok.

 

“Nah, untuk di tahun 2021 ini Pemkab Muba telah mengucurkan Rp10 miliar untuk hibah ke 73 ponpes di Muba. Dana ini digunakan untuk semua kebutuhan operasional Ponpes yang ada di Muba,” ungkap Plt Bupati Beni Hernedi SIP di sela Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2021 di Kabupaten Musi Banyuasin dengan Tema “Bertumbuh,Berdaya, Berkarya” di Halaman Kantor Camat Tungkal Jaya, Selasa (26/10/2021).

 

Ketua PMI Muba ini mengatakan, agar dana hibah Pemkab Muba dapat dipergunakan sebaik mungkin. “Demi Santri Bertumbuh, Berdaya, Berkarya serta turut andil Mewujudkan Muba Maju Berjaya di Tahun 2022,” ulasnya.

 

Beni juga menyebutkan, Presiden RI Joko Widodo akan segera mengeluarkan UU terkait ponpes, bahkan Presiden Jokowi sudah menandatangani dana abadi pesantren, tujuannya untuk menjamin penyelenggaraan pesantren. Dalam aturan disebutkan pembiayaan dan anggaran bagi ponpes wajib dialokasikan  pemerintah daerah.

 

“Belum ada aturan wajib dari pemerintah pusat saja Pemkab Muba sudah  menganggarkan, apalagi ini jelas-jelas akan ada aturan wajib. Tentunya kita harus berdiskusi, membuat regulasi yang jelas turunan dari peraturan tersebut, sehingga tidak jadi hibah lagi karena aturan sudah jelas,”jelas Beni.

 

Ketua Forum Ponpes, KH Muhammad Nur Hidayat menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Muba atas dukungan sehingga peringatan Hari Santri Nasional ini bisa dilaksanakan.