PKK Bali Ajak Seniman Bondres Sosialisasikan Program Pemerintah

oleh -82 pembaca

Denpasar, Krsumsel.com – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Putri Suastini Koster mengajak para seniman bondres di daerah setempat untuk ikut menyosialisasikan program pemerintah kepada masyarakat.

 

“Coba kita lihat selama ini, dengan kecerdasan para seniman bondres kita, berbagai informasi penting bahkan sesuatu yang cukup sensitif bisa mereka suguhkan dengan lucu. Tanpa menyinggung pihak manapun dan dapat diterima masyarakat,” kata Putri Koster di Denpasar, Selasa.

 

Menurut dia, peranan seniman bondres atau pertunjukan lawak Bali dalam menyampaikan informasi diperlukan karena selama ini kiprah mereka dalam menyajikan informasi berupa humor segar untuk masyarakat terbukti efektif.

 

Pendamping orang nomor satu di Bali itu menambahkan, agar program-program pembangunan Pemprov Bali yang tertuang dalam visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali tersampikan dengan baik ke masyarakat, pemerintah perlu banyak “partner” sebagai jembatan.

 

“Masyarakat kita perlu tahu, program pembangunan yang telah, sedang dan akan dilakukan Pempro Bali. Karena pada akhirnya itu untuk kepentingan masyarakat juga. Tujuan pembangunan kita adalah mensejahterakan masyarakat Bali,” ucapnya pada acara yang dihadiri seniman bondres dari berbagai kabupaten di Bali itu.

 

Putri Koster mengatakan saat ini begitu banyak hoaks yang tersebar di dunia maya. Itu tentu saja sudah menyesatkan masyarakat, apalagi saat ini di tengah menghadapi pandemi COVID-19.

 

Oleh karena itu, persatuan antara semua komponen sangat dibutuhkan agar dapat keluar dari pandemi ini. “Jadi saya harap rekan-rekan seniman juga bisa meluruskan banyak informasi menyesatkan di dunia maya agar masyarakat kita juga teredukasi,” ujarnya.

 

Selain itu juga ia menyinggung tentang HAKI kepda para seniman bondres untuk meindungi hasil karya mereka.

 

“Pemerintah telah berupaya dengan serius untuk terus melindungi hak dan kepentingan para seniman kita. Ke depan, kita tentu bisa bersama-sama berusaha, agar hasil karya rekan-rekan tetap terlindungi dengan bersama-sama memperjuangkan HAKI,” ucapnya didampingi Kadiskominfos Bali Gede Pramana.

 

Mengenai rencana yang disampaikan Putri Koster, para seniman sepakat mengapresiasi dan menyatakan kesediaan menginformasikan program-program pemerintah kepada masyarakat.

 

Hal itu karena menurut mereka, mengedukasi masyarakat dan menyajikan informasi faktual juga merupakan tanggung jawab moral seniman kepada masyarakat.(Anjas)