Piala Super Spanyol: Bilbao Kalahkan Atletico, Tantang Madrid di Final

oleh -345 pembaca

Riyadh, krsumsel.com – Athletic Bilbao comeback untuk mengalahkan Atletico Madrid dengan skor 2-1 di Piala Super Spanyol. Bilbao berhak maju ke final untuk berjumpa Real Madrid.
Laga Athletic Bilbao melawan Atletico Madrid dilangsungkan Stadion Raja Fahd, Riyadh, Arab Saudi, Jumat (14/1/2022) dinihari WIB. Kedua kesebelasan berimbang tanpa gol di sepanjang babak pertama.

Setelah restart, Atletico membuka skor usai diuntungkan dengan gol bunuh diri Unai Simon. Bilbao kemudian comeback usai mencetak dua gol dalam rentang empat menit dari Yeray Alvarez dan Nico Williams.

Atletico menyudahi permainan dengan 10 orang setelah Jose Gimenez dikartu merah di injury time. Bilbao memastikan kemenangannya dan akan berhadapan dengan Real Madrid dalam laga final Piala Super Spanyol pada Senin (17/1) dinihari WIB.

Jalannya Pertandingan

Bilbao membuang sebuah peluang. Penyelesaian Dani Garcia dari dalam kotak penalti hanya melambung tinggi di atas mistar gawang Jan Oblak. Padahal Garcia dalam posisi bagus untuk menembak.

Atletico membuat serangan berbahaya jelang turun minum. Geoffrey Kondogbia melakukan sepakan dari luar kotak penalti meski bisa diamankan Unai Simon. Lalu sepak pojok Atletico menuju Joao Felix gagal diantisipasi.

GOL! Kebuntuan terpecah di menit ke-62. Atletico memimpin 1-0 atas Bilbao usai Unai Simon membuat gol bunuh diri.

Diawali dari sepak pojok Thomas Lemar, Joao Felix menanduk bola di luar kotak enam yard ke tiang jauh. Unai Simon jatuh, bola yang mengenai tiang memantul mengenai badan si kiper sebelum masuk ke gawang Bilbao.

Bilbao nyaris menyamakan skor pada dua menit kemudian. Sundulan Dani Garcia dari dalam kotak ditepis Jan Oblak di garis gawang. Oblak buru-buru mengamankan bola liar sebelum bisa dicecar pemain lawan.

Hampir saja Atletico memperbesar skor. Di menit ke-69, Jose Gimenez melepaskan tembakan mendatar dari luar kotak penalti. Bola menembus pertahanan Bilbao lalu melebar tipis dari gawang.

Oblak kembali melakukan penyelamatan penting. Pada menit ke-74, tembakan Nico Williams dari dalam kotak penalti diblok pemain bertahan Atletico. Bola rebound dicecar Inaki Williams tapi tembakannya masih mentah di tangan Oblak.

Bilbao akhirnya mencetak gol balasan. Skor kini 1-1 di menit ke-77. Gol itu tercipta setelah sepak pojok Iker Muniain ditanduk Yeray Alvarez. Bola meluncur deras ke gawang Atletico sampai membuat Oblak tidak sempat bereaksi.

Bilbao membuang peluang emas tiga menit kemudian. Nico Williams memperoleh sodoran matang di dalam kotak penalti, tapi penyelesaiannya di dekat tiang tak mampu mengalahkan penjagaan Oblak.

Bilbao membalikkan kedudukan! Nico Williams mencetak gol kedua Bilbao pada menit ke-81 untuk mengubah skor menjadi 2-1.

Bola tendangan penjuru ke dalam kotak penalti disundul Dani Garcia. Bola bergulir ke jalur Nico Williams yang dituntaskan dengan tembakan mendatar yang bersarang di pojok bawah gawang Atletico.

Atletico Madrid kehabisan waktu. Namun di tengah usahanya mencari gol penyama, Jose Gimenez malah dikartu merah karena mengangkat kaki terlalu tinggi sehingga mengenai Inigo Martinez.

Susunan Pemain

ATLETICO MADRID: Oblak, Vrsaljko, Jose Gimenez, Hermoso, Marcos Llorente (Renan Lodi 46′), Koke (Herrera 84′), Kondogbia (De Paul 51′), Lemar (Cunha 85′), Carrasco, Joao Felix, Correa (Luis Suarez 71′)

ATHLETIC BILBAO: Unai Simon, De Marcos, Alvarez, Inigo Martinez, Balenziaga, Berenguer (Nico Williams 70′), Dani Garcia, Zarraga (Mikel Vesga 70′) Muniain, Inaki Williams, Oihan Sancet (Raul Garcia 70′).(*)

 

SUMBER