Penyaluran Bantuan Sosial di Kalteng Ditargetkan Selesai Tiga Bulan

oleh -31 views
Palangka Raya, KRsumsel.com – Penyaluran bantuan sosial tahap dua dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah ditargetkan selesai dan sampai ke tangan masyarakat yang berada di 14 kabupaten dan kota di provinsi setempat dalam waktu tiga bulan.
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah Rian Tangkudung melalui Sekretarisnya Budi Santoso di Palangka Raya, Selasa, mengatakan bahwa penyaluran bantuan sosial berupa pangan, bukan uang tunai seperti tahap pertama itu telah dilakukan verifikasi.

“Bantuan tahap kedua berupa pangan bertujuan agar menjaga ketahanan pangan dan menjaga asupan gizi masyarakat Kalimantan Tengah yang terdampak pandemi COVID-19,” katanya.

Budi menjelaskan bantuan yang diberikan kepada masyarakat perkotaan dan pedesaan di provinsi yang memiliki luas dua kali Pulau Jawa ini, sama sekali tidak ada perbedaan.

Bahan pangan yang akan diserahkan kepada masyarakat tahap kedua ini berupa beras 10 kilogram, minyak goreng dua liter, sarden dan susu kental manis.

“Ini semua bertujuan untuk meringankan beban ekonomi masyarakat yang saat ini benar-benar terdampak COVID-19. Setelah semuanya siap, kami akan salurkan bantuan tersebut secara berkelanjutan,” ucapnya.

Dalam pembagian nanti pihaknya bersama Perum Bulog tetap mengedepankan protokol kesehatan, sehingga kesehatan masyarakat tetap terjaga dan bantuan tersalurkan secara optimal.

“Pemerintah membantu masyarakat sesuai dengan aturan yang berlaku dan saat pembagian tetap memperhatikan protokol kesehatan, bahkan sambil mengampanyekan protokol kesehatan agar masyarakat tidak terkena virus membahayakan itu,” ucapnya.

Budi menambahkan komitmen pemerintah untuk terus hadir di tengah-tengah masyarakat selalu dilaksanakan secara baik.

Dinas Sosial Provinsi Kalteng juga terus bergerak serta mendukung visi dan misi Gubernur Kalteng, yakni Kalteng Berkah, sehingga setiap masyarakat bisa tertangani dan terbantu secara cepat, berkelanjutan dan optimal.

“Konkretnya, pemerintah akan selalu hadir dan selalu memperhatikan masyarakat di seluruh Kalimantan Tengah. Jadi mohon bersabar untuk penyaluran dan nanti akan disampaikan jika semua telah siap. Pokoknya sampai Desember nanti sudah selesai tersalurkan,” tuturnya. (Anjas)