Pemkab Bangka Tengah Siapkan Rp875 Juta untuk Beasiswa

user
krsumsel 19 September 2022, 11:51 WIB
untitled

Krsumsel.com - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan anggaran senilai Rp875 juta untuk beasiswa bagi 1.250 pelajar SD dan SMP/MTs.

Kepala Dinas Pendidikan Bangka Tengah Iskandar di Koba, Senin (19/9) mengatakan, anggaran beasiswa bagi 1.250 pelajar dari kalangan kurang mampu itu bersumber dari APBD 2022. "Tercatat total penerima beasiswa untuk siswa SMP/MTs sebanyak 500 orang dan 750 siswa SD,"ujarnya.

Iskandar mengatakan, pemerintah daerah tahun ini menaikkan nominal penerima beasiswa dari sebelumnya Rp600 ribu per orang naik menjadi Rp700 ribu per pelajar. "Ini bentuk kepedulian dan dorongan dari pemerintah daerah agar siswa tetap semangat belajar, indeks pembangunan manusia meningkat dan tercipta sumber daya manusia yang unggul,"katanya.

Namun demikian kata Iskandar, ada perubahan pola penyaluran beasiswa dari yang sebelumnya yaitu tidak lagi berupa uang namun diganti menjadi perlengkapan alat sekolah. "Ini namanya beasiswa bagi anak dari keluarga sasaran, bukan beasiswa prestasi. Kalau beasiswa prestasi biasanya berupa bonus ketika berhasil memenangkan lomba,"katanya.

Persyaratan untuk mendapatkan beasiswa tidak mampu ini bisa mengajukan SKTM terdaftar dalam Program Keluarga Harapan (PKH). "PKH yang merupakan program bantuan sosial (bansos) regular untuk masyarakat miskin yang memenuhi syarat atau diajukan langsung oleh pihak sekolah,"demikian jelas Iskandar.(net)

Kredit

Bagikan