Tiga Amalan Nabi Yusuf AS Salah satunya Saat Bercermin

user
adminoke 15 April 2022, 10:12 WIB
untitled

KRSUMSEL.com - Amalan Nabi Yusuf AS sebaiknya dicontoh umat muslim. Kisah Nabi Yusuf AS disebutkan di dalam Al-Quran dalam satu surah penuh. Nabi Yusuf AS adalah putra Nabi Ya'kub yang diutus oleh Allah dari kaum Bani Israel.

Kisah dan amalan nabi Yusuf AS banyak diceritakan hingga kini, terutama mengenai ketampanannya yang berhasil memikat hati banyak wanita. Yang paling terkenal adalah kisahnya dengan Zulaikha.

Tiga Amalan Nabi Yusuf AS Salah satunya Saat Bercermin

Pasalnya, Nabi Yusuf AS memang terlahir dengan memiliki wajah yang rupawan dengan tubuh yang tegap. Ketampanan yang dimilikinya pun sangat populer dan menginspirasi banyak umat muslim untuk memiliki keturunan dengan wajah setampan Nabi Yusuf AS.

Namun karena hal itu juga, banyak cobaan yang datang menghampirinya. Nabi Yusuf AS pun banyak berdoa kepada Allah SWT atas segala cobaan yang menimpanya ini. Amalan-amalan nabi Yusuf AS pun banyak diikuti oleh umat Islam hingga sekarang.

Berikut selengkapnya mengenai amalan nabi Yusuf As yang patut diketahui, dilansir dari dream.co.id.

Tiga Amalan Nabi Yusuf AS Salah satunya Saat Bercermin

Amalan Nabi Yusuf AS yang Patut Dilakukan

Berikut adalah beberapa amalan nabi Yusuf AS yang bisa Anda ikuti;

1. Berdoa Saat Bercermin

Berikut ini adalah amalan Nabi Yusuf berupa doa yang baik dibaca saat sedang becermin. Doa ini juga dibaca oleh Rasulullah SAW berdasarkan riwayat dari Ibnu Mas’ud:

حديث اِبْنِ مَسْعُودٍ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم: «اَللَّهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِي, فَحَسِّنْ خُلُقِي». رَوَاهُ أَحْمَدُ .وَصَحَّحَهُ اِبْنُ حِبَّانَ.

Dari Ibnu Mas’ud, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda: 'Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku'. (Diriwayatkan Imam Ahmad dan disahihkan Ibnu Hibban).

Bacaan doa saat bercermin dari nabi Yusuf adalah sebagai berikut;

الَّلهُمَّ جَئَلْنِى نُوْرُ يُوْسُفَ عَلَى وَجْهِي فَمَنْ رَ اَنِى يُحِبُّنِي مَحَبَّتَنْي

2. Doa Agar Terhindar dari Tipu Daya Setan

Nabi Yusuf AS juga mengamalkan bacaan doa berikut ini untuk menjaga dirinya dari tpu daya dan bujuk rayu setan yang ingin menjerumuskannya ke dalam jurang kemaksiatan. Doa ini mengisahkan bahwa beliau memilih dipenjara daripada berbuat kemaksiatan.

رَبِّ السِّجْنُ أَحَبُّ إِلَيَّ مِمَّا يَدْعُونَنِي إِلَيْهِ ۖ وَإِلَّا تَصْرِفْ عَنِّي كَيْدَهُنَّ أَصْبُ إِلَيْهِنَّ وَأَكُنْ مِنَ الْجَاهِلِينَ

Rabbis sijnu ahabbu ilayya mimma yadh’unani ilaihi. Wa illa tashrif anni kaidahunna ashbu ilaihinna wa akun minal jahilin.

Artinya: “Ya Tuhanku, penjara lebih aku senangi daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan aku dari tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh.”

3. Doa Agar Dicintai Banyak Orang

Selain itu, ada juga amalan nabi Yusuf AS berupa doa agar dirinya dicintai oleh banyak orang. Anda juga bisa membaca doa ini agar diri senantiasa dicintai oleh orang-orang disekitar.

الَّلهُمَّ جَئَلْنِى نُوْرُ يُوْسُفَ عَلَى وَجْهِي فَمَنْ رَ اَنِى يُحِبُّنِي مَحَبَّتَنْي

Allaahummajalniy Nuuru Yusufa ‘Ala Wajhii Fa Man Roaanii Yuhibbunii Mahabbatan.

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah nur cahaya Nabi Yusuf pada wajahku, dan bagi siapa yang melihat akan menjadi kagum serta memiliki cinta kasih kepadaku."

Sumber : https://www.merdeka.com/jatim/amalan-nabi-yusuf-as-yang-patut-dicontoh-berikan-banyak-manfaat-kln.html

Kredit

Bagikan