Cara Asyik Belajar IPS dengan Board Game

user
adminoke 29 April 2022, 06:41 WIB
untitled

Bogor, KRSUMSEL.com – Guru Clara berbagi pengalaman mengenai praktik pembelajaran efektif yang sudah diaksanakan di kelas. Kegiatan yang Guru Clara bagikan merupakan hasil inovasi proyek eduvation Zillenial Teacher 2021. Proyek tersebut masih berjalan dan dicontoh oleh guru di sekolahnya, Senin (27/4) terlaksana kegiatan Ramadan Guru Berbagi dengan topik “Monopoli Sosial: Cara Asyik Belajar IPS dengan Board game yang disampaikan oleh Guru Clara.

Board game merupakan suatu jenis permainan yang penerapannya melibatkan bidak yang akan ditempatkan pada permukaan atau papan yang sudah ditandai sebelumnya. Pembelajaran yang melibatkan board game sebagai media pembelajaran menekankan kemampuan penalaran siswa agar bisa menyusun strategi.

Guru Clara menyampaikan terbentuknya ide board game dilatarbelakangi dari hasil belajar siswa yang rendah karena merasa bosan dengan metode pembelajaran biasa. Setelah memainkan board game dengan metode monopoli sosial dalam pembelajaran IPS, banyak manfaat yang dirasakan yaitu meningkatkan kolaborasi antar siswa, pembelajaran lebih asyik dan bermakna.

Awalnya board game yang dirancang oleh Guru Clara adalah board game sederhana, namun kini board game tersebut berbasis design thinking yang dikolaborasikan dengan siswa. Tak lupa pula, di setiap selesai pembelajaran, Guru Clara selalu mengajak refleksi siswa terhadap setiap kegiatan yang sudah dilakukan sebelumnya. Hal ini dilakukan agar siswa memahami tujuan pembelajaran. (****)

Kredit

Bagikan