Kenapa Menyemir Rambut Warna Hitam Tidak Dibolehkan dalam Islam?

user
adminoke 28 Mei 2022, 21:37 WIB
untitled

KRSUMSEL.com - Menyemir rambut adalah mewarnai rambut atau mengubah warna rambut dengan warna rambut yang berbeda.

Trend menyemir rambut saat ini sudah banyak diminati tidak hanya oleh anak muda, bahkan orang tua pun sangat menyukai.

Dalam kondisi ataupun pesta-pesta tertentu, dengan semakin berkembangnya zaman, menyemir rambut, sangat mudah dilakukan, apalagi dengan pewarna rambut yang banyak beredar, tanpa harus datang ke salon, melakukannya sendiripun dapat dilakukan.

Baca Juga: Tes Psikologi: 5 Pertanyaan Sederhana Ini Bisa Ketahui Tipe Gadis dalam Dirimu, Salah Satunya Gaul

Namun, perlu Anda ketahui, dalam menyemir rambut, tidak semuanya diperbolehkan, termasuk menyemir rambut menggunakan warna hitam sendiri dalam Islam terdapat larangannya.

Dilansir kabarbanten.pikiran-rakyat.com dari Chanel YouTube Al-Bahjah TV, Buya Yahya menjelaskan bahwa menyemir rambut sendiri ada larangannya tidak hanya berlaku untuk perempuan melainkan laki-laki juga.

Menurut Mazhab Imam Syafii, menyemir rambut dengan warna hitam hukumnya haram, kecuali bagi seorang wanita atas perintah suaminya dan memang untuk suami keindahan rambutnya.

Selain itu, menyemir rambut dengan warna hitam juga diperbolehkan (bagi laki-laki) jika untuk berjihad, berperang agar tampak gagah muda.

"Jadi, menyemir rambut ini ada pengecualian yakni bagi seorang wanita atas izin suami karena itu merupakan bagian berhias dan hanya untuk suami, dan bagi seorang (laki-laki) saat akan berjihad atau berperang, maka hilang keharamannya dalam Mazhab Imam Syafii," ujar Buya Yahya.

Sementara, untuk menyemir rambut diluar warna hitam, hukumnya mubah atau boleh-boleh saja, namun dengan catatan saat menyemir rambut dengan selain warna hitam tujuannya adalah bukan terlintas di hatinya mengikuti orang-orang yang fasik.

"Kalau menyemir rambut itu sudah menjadi tradisi orang fasik, gak boleh ditiru, karena menyemir rambut itu menjadi haram ya karena meniru orang fasik tersebut," kata Buya Yahya.

Demikian penjelasan mengenai hukum menyemir rambut baik hitam maupun berwarna, dengan catatan, bagi seorang wanita yang sendirian atau belum bersuami, maka mewarnai rambut dengan warna hitam hukumnya sama yakni haram.***

Kredit

Bagikan