Pemkot Payakumbuh Latih 40 Pelaku UMKM

oleh -82 pembaca

Payakumbuh, KRsumsel.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Payakumbuh, Sumatera Barat, terus mendorong pelaku usaha mikro menjadi usaha kecil dengan memberikan berbagai pelatihan kepada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerah setempat.

 

“Kali ini kami memberikan pembekalan kepada 40 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) se-Kota Payakumbuh yang dilaksanakan selama empat hari dan hari ini menjadi hari terakhir,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Dahler, Kamis.

 

Ia mengatakan pelatihan peningkatan sumber daya manusia bagi pelaku usaha ini memang sebagai upaya untuk menguatkan usaha dan mendorong agar pelaku usaha mikro bisa naik kelas menjadi pelaku usaha kecil.

 

“Kami berharap mereka bisa terus memasarkan produknya secara online di tengah pandemi COVID-19. Sumber daya manusia merupakan salah satu elemen paling penting, agar sebuah bidang usaha atau bisnis dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.

 

Ia mengatakan tanpa adanya elemen tersebut atau kualitasnya yang kurang baik, usaha akan sulit untuk berjalan dan beroperasi dengan semestinya meskipun hal lain telah terpenuhi.

 

“Selain bekal untuk kualitas, peserta juga kami berikan sertifikat pelatihan setelah mengikuti kegiatan ini,” ujarnya.

 

Narasumber dan motivator yang dihadirkan adalah dari Pasa Minang, Tangkelek, dan Indosinergi Utama yang telah memiliki jam terbang di dunia usaha.

 

“Di sini peserta diajarkan kiat pemasaran, pengemasan produk, pemberdayaan SDM dunia usaha, hingga strategi pengembangan bisnis,” ungkapnya.

 

Salah seorang peserta pelatihan pemilik Sanjai Oviga, Vina Kurnia menyampaikan bahwa dirinya sangat mengapresiasi apa yang dilaksanakan oleh Pemkot Payakumbuh.

 

Menurutnya dengan adanya kegiatan ini dirinya menjadi termotivasi dan juga menambah wawasan sehingga diharapkan bisa diaplikasikan kepada usaha yang digelutinya untuk terus bisa maju dan kuat.

 

“Kami belajar tentang kiat pemasaran dan bagaimana untuk lebih kreatif lagi ke depan, apalagi ada diskusi bersama narasumber, kami juga bisa menggali banyak tentang pengemasan dan mengiklankan produk,” ungkap pemilik usaha yang beralamat di Kelurahan Tanjung Pauh itu.(Anjas)